Karambol Petaka di Tol Brebes

19 September 2022 | 4:10 pm | Aldi Prihaditama

Karambol maut diakibatkan asap tebal yang menghalangi pandangan berkendara.

Kecelakaan beruntun ala karambol kembali terjadi di jalan tol Pejagan-Pemalang km 253, Brebes, Jawa Tengah, pada hari Minggu 18 September 2022. Kepulan asap pembakaran rumput ilalang disebut-sebut jadi penyebab terjadinya kecelakaan maut tersebut. Kecelakaan beruntun itu melibatkan 13 mobil terjadi pukul 14.00 WIB.

Peristiwa karambol mengenaskan tersebut menyebabkan 19 orang luka-luka dan satu dilaporkan meninggal dunia. Diketahui, satu korban tewas dalam kecelakaan ialah putra bungsu Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Amir Yanto. Hal itu juga sudah dibenarkan oleh pihak Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Para korban dibawa ke dua rumah sakit di Kabupaten Brebes. Korban meninggal dibawa ke RS Bhakti Asih. Sedangkan korban luka-luka dibawa ke RS Bhakti Asih sebanyak 5 orang dan RS Mutiara Bunda 14 orang,”‎ ujar Ian Dwinanto, selaku Kepala Cabang Operasional PT Pejagan-Pemalang Toll Road (PPTR).

Asap tebal yang menghalangi pandangan berkendara, membuat pengemudi sulit melihat ke depan sehingga terjadi kecelakaan. Kecelakaan bermula ketika salah satu kendaraan penumpang yang melintas dari arah Jakarta tiba-tiba mengerem mendadak. Pengemudi itu ditengarai terhalang pandangannya akibat asap lahan di samping jalan tol.

Asap itu membumbung sampai ke jalan hingga menghalangi pandangan para pengendara. Padahal laju kendaraan di tol rata-rata berkecepatan tinggi. Kemunculan asap itu tak terduga sehingga mustahil untuk diantisipasi. Ketika kendaraan paling depan mengerem mendadak, mengakibatkan sejumlah kendaraan di belakangnya tidak sempat menghindar hingga tabrakan beruntun tak terelakan. Beberapa kendaraan menabrak bagian belakang kendaraan di depannya dan ada pula yang menghajar pembatas jalan.

Baca juga :  Haval H6 Facelift Mulai Terlihat, Mesin Sama Tenaga Naik

Tiga belas unit kendaraan ringsek

Adapun kendaraan dari arah Barat menuju ke Timur yang terlibat dalam kecelakaan beruntun tersebut, antara lain, Toyota Fortuner, dua unit Toyota Avanza, Honda Civic, dua unit Mitsubishi Xpander, dua unit Toyota Innova, Suzuki Ertiga, Toyota Calya, Daihatsu Xenia, Chevrolet Spin, dan satu unit truk boks. Lagi-lagi, kami turut prihatin dengan kecelakaan yang melibatkan banyak korban. Selalu jaga keselamatan saat berkendara, jika kondisi perjalanan tidak kondusif, lebih baik mencari tempat aman dan berhenti sejenak.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x