Yang dinantikan para pecinta sedan mewah di Jepang akhirnya bakal segera muncul. Versi terbaru dari Toyota Crown Sedan.
Untuk mempromosikan kehadiran kembali Crown Sedan, Toyota pun menggaet Takanori Nakamura sebagai duta. Selebriti di bidang kuliner ini cukup tersohor dalam dunia showbiz di Jepang.
Sebenarnya apa yang diharapkan oleh Toyota dengan berbagai gimmick yang mengiringi kemunculan Crown Sedan era baru ini?
Tak Akan Tergantikan
Perhelatan Japan Mobility Show nampaknya akan dimanfaatkan oleh Toyota untuk memamerkan Crown. Terlebih lagi mobil ini akan segera dipasarkan di Jepang mulai November mendatang.
Era baru Crown ditandai dengan kemunculan Toyota Crown Crossover (S235) yang di AS hanya berlabel “Crown”. Salah satu variasi model dari Crown ini menjadi model yang mengisi celah antara segmen SUV dan sedan tulen.
Model kedua yakni Toyota Crown Sport (S236) yang merupakan versi SUV dari Crown. Sama seperti halnya Toyota Century SUV. Siluet bodi Crown SUV terlihat lebih besar dari Crown Crossover yang bergaya semi hatchback. Crown SUV bagaikan versi terjangkau dari Ferrari Purosangue atau Maserati Ghibli ala Jepang.
Dengan munculnya Crown Sedan, akankah bakal muncul pula Crown Estate, versi station wagon 5-pintu dari Crown. Kemungkinan besar…
Platform modular Toyota TNGA-L yang digunakan oleh Crown sangat memungkinkan hal itu. Seperti halnya pada beberapa generasi Crown yang telah ada sebelumnya. Crown selalu muncul berpasangan–sedan dan station wagon. Bahkan dikabarkan bakal muncul pula Toyota Crown Sedan versi Gazoo Racing. Untuk yang satu ini, kita tunggu saja…
Evolusi Desain
Era baru dari Crown yang diramu oleh Akio Toyoda tak hanya sebatas diversifikasi variant model saja.
Toyota Crown Sedan generasi keenam-belas ini mengalami evolusi desain seperti model Toyota lainnya. Tampilan eksterior bagian depan dengan headlamp LED bergaya “hammerhead” dipadukan dengan desain buritan bergaya fastback.
Hampir sama persis seperti Crown Sedan FCEV yang diperkenalkan pada kejuaraan balap ketahanan Super Taikyu Fuji 24 Hours di sirkuit Fuji Speedway, Jepang pada penghujung Mei lalu.
Desain yang kekinian pada Crown Sedan nampak sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Bagaikan perpaduan antara Toyota bZ4X, sedan Avalon dan LFA.
Karakternya sebagai sedan mewah aristokrat mulai ditanggalkan dan Crown Sedan pun kini menjelma menjadi sedan sport.
Pada area interior, layout dashboard dilengkapi sepasang layar digital yang terpampang sejajar. Masing-masing layar diperkirakan berukuran 12.3-inci. Satu layar sentuh untuk fungsi sistem infotainment dan satu layar lainnya sebagai panel instrument.
Kemasan kabin terlihat mewah namun tampil sporty seperti halnya versi Toyota Crown lainnya.
Paduan aksen kayu bernuansa eksklusif dengan balutan kulit pada jok dan panel interior sebagai ciri khas Crown Sedan tak dihilangkan.
Crown Sedan EV
Saat melihat emblem “FCEV” tersemat pada bodi Crown Sedan, kami sudah tidak kaget.
Teknologi elektrifikasi Fuel-Cell berbasis sel hidrogen sebagai sistem penggerak benar-benar dibekalkan pada versi produksi Crown Sedan.
Hanya saja, belum dapat dipastikan teknologi yang diusung apakah benar-benar baru atau diadopsi dari Toyota Mirai.
Jika teknologi FCEV yang diusung diadopsi dari Toyota Mirai, maka speknya kurang lebih sama. Mulai dari tiga tabung hidrogen, modul sel bahan bakar, serta baterai lithium-ion berdaya 1.24 kWh.
Hanya saja perihal motor elektrik penggeraknya, belum dapat dipastikan. Apakah versi motor tunggal pada poros roda belakang atau versi motor elektrik ganda yang menghasilkan sistem gerak e-AWD.
Motor elektrik penggerak pada Mirai memiliki output tenaga 182 hp dengan torsi maksimum 300 Nm.
Selain itu, Crown Sedan diperkirakan juga bakal mengusung mesin berteknologi hybrid seperti Toyota Prius, serta Toyota Crown Sport dan Crossover.
Perihal fitur keselamatan dan bantu berkendara terpadu berbasis ADAS dapat dipastikan menjadi kelengkapan standar pada Crown Sedan seperti pada varian Toyota Crown lainnya.
Sistem terpadu Toyota Safety Sense 3.0 dilengkapi beragam fitur penunjang keselamatan berkendara.
Mulai dari Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Pre-Collision System dengan Pedestrian Detection hingga Lane Departure Alert yang terintegrasi dengan Steering Assist merupakan fitur standar yang akan dibekalkan. Fitur lain seperti Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert pun demikian.
Makin penasaran? Sabar, kita tunggu info lengkapnya dalam beberapa waktu mendatang. Kami akan melaporkan langsung dari Tokyo.