Yamaha MT-09 2024 Jadi Yang Pertama Pakai Transmisi Y-AMT

30 July 2024 | 1:33 pm | Rizky Dermawan

Sekira sebulan lalu media otomotif global dibuat penasaran dengan transmisi generasi terbaru Yamaha – Automatic Manual Transmission (Y-AMT). Terutama model sepeda motor apa yang bakal dibekali transmisi ini. Kini Yamaha mengkonfirmasi jika naked bike MT-09 2024 jadi yang pertama menggunakan transmisi Y-AMT.

Kebetulan, MT-09 satu platform dengan dua model lainnya yakni XSR900 dan Tracer 9 yang juga bermesin tiga silinder 890 cc. Apakah kedua model tersebut nantinya juga dibekali transmisi Y-AMT seperti MT-09?

Yang pasti, kami masih penasaran akan seperti apa nantinya wujud Yamaha MT-09 bertransmisi semi-otomatis Y-AMT. Kita tunggu launchingnya dalam waktu dekat…

Automatic Rasa Manual

Teknologi transmisi Y-AMT ini sebenarnya bukan barang baru. Sekira dua dekade silam Yamaha sudah merintis teknologi transmisi automatic YCC-S (Yamaha Chip Controlled Shift) pada moge sport touring FJR1300.

Teknologi YCC-S terbilang sangat mutakhir pada saat itu. Sistem kerja aktuasi plat kopling basah untuk perpindahan gigi pada transmisi automatic dikendalikan melalui tuas. Rider tinggal menggeser tuas untuk melakukan perpindahan gigi secara manual. Sistem kerja transmisi tersebut terintegrasi dengan chip pengendali transmisi. Benar-benar transmisi automatic dengan citarasa oper gigi ala transmisi manual.

Lantas apa perbedaan antara sistem kerja transmisi YCC-S dengan versi Y-AMT? Dari segi rancang bangun, transmisi Y-AMT lebih rumit. Tapi pengoperasiannya lebih mudah dan praktis. 

Baca juga :  Tingkatkan Daya Saing, Geely Perintahkan Zeekr Akuisisi Lynk & Co

Untuk cara pertama, perpindahan gigi dapat dilakukan via tuas tombol pada setang. Tak jauh beda dari YCC-S. Tak perlu injak pedal transmisi atau menarik tuas kopling untuk oper gigi.

Cara kedua, setting pada tiap mode berkendara akan mensinkronisasi perpindahan gigi sesuai tingkat putaran mesin dan kecepatan berkendara yang ditentukan. Jadi rider tak perlu ikut campur oper gigi. ECU akan mengendalikan secara otomatis kinerja transmisi. 

Transmisi Y-AMT terhubung dengan throttle by wire yang dapat beroperasi dalam mode manual maupun otomatis. Selain itu, transmisi ini juga terintegrasi dengan riding mode dan cruise control. Ada dua mode transmisi yakni D dan D+. Perbedaan antara keduanya terletak pada proses pergantian gigi saat putaran mesin rendah.

Menarik. Kita tunggu saja kiprahnya.

 

 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x