Pembalap Wanita Lody dan Sasty Ikut AXCR 2024, Geber Mobil Baru

31 July 2024 | 4:00 pm | Ifan Ramadhana

Sukses mengikuti ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023 atau yang dikenal sebagai Rally Dakar versi Asia, duet pembalap wanita Lody dan Sasty kembali mengikuti AXCR 2024. Acara akan digelar di Thailand pada tanggal 11-17 Agustus 2024 dengan menggeber mobil baru. 

“Asia Cross Country Rally ini sangat kami tunggu. Ibaratnya, tidak ada event seperti ini di Indonesia. Jalur yang disuguhkan sangat menantang, tidak hanya mengandalkan kemampuan menyetir tapi juga navigasi, teamwork, sampai kekuatan mobil,” lanjut Lody Natasha. 

Berlaga di bawah bendera Indonesia Cross Country Rally Team, Lody dan Sasty menjadi satu-satunya perempuan yang mewakili Indonesia pada kelas T1D. Tahun ini, ajang yang pertama kali digelar pada tahun 1996 ini, akan menempuh rute sepanjang 2.400 km mengelilingi Thailand

Duet pembalap yang telah berteman sejak TK ini memang menggemari kegiatan otomotif terutama di offroad. Kecintaan ini membuat Lody Natasha terjun ke ajang AXCR pada tahun 2017, dengan menjadi navigator bagi offroader senior Memen Harianto. Sedangkan Sasty Laksamana sendiri baru mengikuti ajang AXCR pada tahun 2023 bersama Lody. 

Dalam tahun pertama sebagai driver dan co-driver, Lody dan Natasha berhasil finish peringkat kedua di kelas perempuan dan peringkat 35 overall. Meskipun menghadapi beberapa masalah, mulai keluar dari rute hingga terjebak di lumpur, sehingga harus menunggu mobil bantuan. 

Baca juga :  Ban Michelin Power 6 dan City Grip 2 Pukau Pengendara Motor

Seperti tahun lalu, Lody dan Natasha mengandalkan mobil Isuzu D-Max, namun tahun ini mereka menggunakan unit yang lebih baru dengan mesin diesel empat silinder 3.0 liter turbocharger dan juga dilengkapi dengan sokbreker ganda. Alasan dipilihnya D-Max karena mobil ini dianggap sesuai untuk menghadapi AXCR. 

“Tahun lalu, kami menggunakan jenis mobil yang sama. Kini kami semakin percaya bahwa Isuzu D-Max memang tangguh untuk event berat ini. Harapannya, kami bisa finish dan lebih baik dari sebelumnya,” tutup Lody.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x