Toyota Siapkan GR Supra V8, Tapi Bukan Untuk Harian

19 September 2024 | 11:59 am | Indra Alfarisy

Toyota Supra generasi sekarang menggunakan mesin empat dan enam silinder yang dipasok oleh BMW. Namun tahun 2026 akan ada satu varian GR Supra dengan mesin V8 5,0 liter. Yang membangun Toyota. Tapi cabang Australia.

Mengandalkan jantung mekanis 2UR-GSE, yang bloknya terbuat dari alumunium. Mesin ini bisa ditemukan di berbagai produk Toyota, khususnya Lexus. Contoh, IS F, GS F, RC F, IS 500 F Sport dan GS 500. Satu lagi, terpasang juga di Toyota Hilux yang juara reli Dakar 2019.

Supra V8 untuk balapan supercar Australia

Lalu, kenapa dibuatnya di Australia? Toyota punya misi untuk ikut balapan Repco Supercar Championship. Atau biasanya disebut balapan V8 Supercar Australia, adalah balapan mobil touring dengan mesin wajib V8. Menurut kami, ini adalah balapan paling seru di bumi. 

Regulasi baru, yang terbit tahun 2023 lalu memudahkan pabrikan mobil manapun yang punya produk bermesin V8, untuk ikut. Saat ini balapan yang sangat seru itu agak sepi peserta. Hanya ada dua merek yang ikut yaitu Ford dengan Mustang bermesin Coyote 5,4 liter, dan Chevrolet dengan Camaro. Yang terakhir itu tahun depan sepertinya akan ganti model. Karena Camaro sudah tidak dibuat lagi.

Sudah Ada Timnya

Nah, Toyota yang akan berkompetisi di 2026, berencana untuk paling tidak ikut selama lima tahun menggunakan GR Supra V8 ini. Pabrikan Jepang ini akan menyiapkan minimal empat mobil. Dua diantaranya sudah dipastikan akan diandalkan oleh tim juara Walkinshaw Andretti United (WAU). Sisanya masih belum diungkap.

Baca juga :  Hyundai Pamer Mobil Listrik Terbarunya di GIIAS Surabaya 2024

Soal WAU, ini juga jadi perbincangan hangat di arena balapan touring Australia itu. Mereka sejak awal tahun lalu, mengandalkan Ford Mustang. Saat ini, pembalapnya, Chaz Mostert berada di peringkat kedua klasemen, dengan sisa tiga balapan lagi untuk musim 2024.

Namun setelah memastikan hijrah ke Toyota GR Supra V8, Ford dan menyuarakan keberatannya. “Jujur kami kecewa karena kehilangan tim besar seperti WAU. Tapi kami juga menyambut hangat datangnya kompetitor baru (ke balapan V8),” begitu bunyi pernyataan dari Ford Australia.

Kalau Anda belum pernah melihat keseruan balapan V8 Supercar tonton video di bawah ini.

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x