Zeekr Resmi Pasarkan SUV 7X, Seperti Ini Spesifikasinya

23 September 2024 | 2:21 pm | Indra Alfarisy

Saat lawatan kami ke markas Zeekr di Hangzhou, Cina beberapa waktu lalu, mereka memperlihatkan SUV terbaru Zeekr 7X. SUV ini pertama kali diperkenalkan pada akhir Agustus lalu di event Chendu Auto Show 2024. 20 September kemarin, mobil ini resmi dijual di RRC.

Zeekr 7X adalah jawaban mereka untuk pangsa pasar SUV berukuran medium, dengan kelengkapan yang premium. Dibangun di atas platform baru yang bernama PMA2+, 7X memiliki dimensi panjang 4.825 mm, lebar 1.930 mm dan tinggi 1.666 mm. Sementara wheelbase (jarak sumbu roda) sebesar 2.925 mm dengan ground clearance 197 mm.

Zeekr 7X memiliki jajrak tempuh hingga 780 km.

PMA2+, yang merupakan platform turunan dari SEA, mengedepankan arsitektur kelistrikan 800 volt. Untuk 7X, disediakan baterai LFP berkapasitas 75 kWh atau, opsi lainnya adalah baterai Nickel manganese Cobalt (NMC) dengan kapasitas 100 kWh.

Baterai LFP dipasang pada varian paling dasar, yang akan menggerakan roda belakang via motor listrik bertenaga 416 hp. Torsinya sebesar 440 Nm. Zeekr 7X versi bawah tersebut diklaim mampu berakselerai 0-100 km/jam dalam masa 5,8 detik. Dan yang paling penting, jarak tempuhnya mencapai 605 km (pengujian CLTC). Di Cina, harganya setara Rp 495 jutaan. 

Sementara varian tengah, konfigurasinya serupa, tapi diberikan baterai NMC yang lebih besar. Makanya jarak tempuhnya bisa 780 km, dengan metode pengujian yang sama. Untuk tipe tengah ini, harganya setara Rp 539 jutaan di negara itu. 

Baca juga :  Ada Deretan Program Menarik di GIIAS Bandung 2024

Kemudian, sepertinya mudah ditebak, varian tertinggi menggunakan dual-motor dan menjadikan 7X sebagai mobil AWD. Total tenaganya 637 hp, dengan torsi 710 Nm. Sprint 0-100 km/jam bisa selesai dalam 3,8 detik saja. Jarak tempuh maksimum 705 km. Varian tertinggi ini dijual dengan banderol setara Rp 582 jutaan. Ingat, ini harga di RRC. 

Kelengkapan Mumpuni

Khusus untuk versi AWD tersebut, Zeekr membekalinya dengan off road mode dan air suspension. Mode tersebut memungkinkan 7X untuk merayap di medan berat. Lalu suspensi udara pada varian di bawahnya bersifat opsional.

Kemudian tidak kalah menarik, diantara dua lampu utama di depan adalah display berukuran 93 inci. Isinya 1.800 LED, yang bisa dikonfigurasi sesuai selera masing-masing. Bahkan disuruh menunjukan pesan pun bisa. Kami sudah melihatnya.

Interior Zeekr 7X

Bicara display, di kabin yang minimalis modern terpasang layar instrumen berukuran 13,02 inci. Untuk infotainment, di tengah dashboard terpasang layar digital terbesar yang pernah kami lihat di dashboard mobil. Ukurannya 16 inci!. Prosesor Qualcomm Snapdragon 8295 jadi otaknya, dan 21 speaker berfungsi sebagai output suara. Lengkap dengan surround sound system.

Kursi belakang dilengkapi dengan fitur yang disebut electric sofa. Paham maksudnya, kan? Lengkap dengan foot rest, sandaran kursi yang bisa direbahkan 134 derajat. Ditambah lagi ada fungsi pemijat dan pendingin jok.

Dari awal kami melihatnya, jujur saja kami tertarik. Sayang tidak sempat kami coba bersama Zeekr X dan MPV 009. Tapi, melihat kemampuannya, mobil ini punya potensi yang lumayan cerah di Indonesia. Terutama melihat jarak tempuh dan fitur yang ditawarkan. Kita tunggu saja.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x