Mengenal Maung MV3 Garuda Limousine, Kendaraan Kepresidenan Terbaru Buatan Lokal

20 October 2024 | 4:16 pm | Indra Alfarisy

Prosesi pelantikan Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto selesai dilaksanakan hari ini (20/10) di gedung MPR/DPR, Jakarta. Namun kami melihat sesuatu yang tidak biasa, khususnya untuk mobil yang dipakai. Presiden Republik Indonesia ke-8 itu terlihat meninggalkan Gedung MPR menggunakan mobil Maung MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad.

Direktur Utama PT Pindad, DR. Ir. Abraham Mose MM tidak menutupi rasa bangganya. “Tentunya, kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami yaitu MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto, yang tiada hentinya memberikan kepercayaan men-challenge dan mendorong penggunaan produk dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya,” kata Abraham.

Garuda Limousine

Foto: YT Sekretariat Presiden

Lalu soal MV3 Garuda Limousine, “Merupakan pengembangan terbaru dari MV3 yang didesain untuk mengakomodir arahan langsung dari bapak Presiden Prabowo Subianto,” kata Dianing Puji Rahayu, Sekertaris Perusahaan PT Pindad.

Aslinya, Maung MV3 adalah kendaraan taktis lapis baja yang digunakan oleh militer dan kepolisian serta untuk kebutuhan khusus. Sebelum Garuda ini muncul, MV3 juga keluar dalam bentuk Popemobile yang digunakan oleh Paus Fransiskus saat melawat ke Indonesia. Mobil ini memang memiliki platform yang sangat fleksibel untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya.

Baca juga :  Kapan Waktu Tepat Untuk Servis Mobil?

MV3 Garuda

Maung MV3 Garuda, mobil kepresidenan baru

Foto: YT Sekretariat Presiden

Namun untuk kendaraan Kepresidenan pastinya ada sejumlah perubahan. Paling kentara warnanya. Biasanya, untuk militer dan polisi warna gelap. Ini putih, dengan grill berwarna krom diapit sepasang lampu LED lengkap dengan DRL. Di bemper, juga sudah ada imbuhan foglight yang juga LED.

Lalu, di belakang terlihat tulisan Garuda yang tegak dan melebar. Kemudian dari samping tampak pelek yang juga berwarna krom. Step yang memanjang dari ujung pintu depan hingga ke belakang, membuat sang Maung terlihat ‘ceper’ dibanding yang berspesifikasi tempur.

Berdasarkan informasi spesifikasi di situs Pindad, Maung MV3 didesain untuk bisa bergerak lincah di medan berat. Menggunakan mesin bertenaga 190 hp. Dengan transmisi 8-speed otomatis serta gerak empat roda, MV3 bisa berjalan dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.  Sayangnya, Pindad tidak menjelaskan mesin dan transmisinya buatan mana.

Spekulasi yang beredar, penyedia penggerak adalah Ssangyong Rexton, atau sekarang lebih dikenal dengan nama KGM Rexton.  Salah satu indikasinya adlaah kesamaan bentuk dashboard, setir hingga spesifikasi mesin dan transmisi.

Untuk proteksi, mobil ini dibekali dengan lapisan composite armor yang mampu menahan terjangan peluru 7,62×51 mm NATO ball dan 5,56 x 45 mm M193. kacanya juga sudah kebal peluru dengan standar proteksi B5/B6. Untuk memastikan mobil tetap bisa jalan meski ban bolong, digunakan ban dengan teknologi RFT, yang membalut pelek 21 inci.

Baca juga :  De Tomaso Pantera, Sukses Bikin Kesal Elvis

Kearifan lokal

Interior Maung MV3 Garuda

Interiornya tentu harus sesuai karena ini adalah kendaraan presiden. Jok kulit dengan format captain seat terpasang untuk tempat duduk Presiden Prabowo. Lengkap dengan portable wifi, control panel model sentuh, LED smart TV dan camera 360.

Di bagian eksterior, mobil dengan panjang 5,05 meter dan bobot 2,95 ton ini dilengkapi dengan desain yang terinspirasi dari kearifan lokal. Contohnya grill dengan motif yang tidak biasa. Dikatakan Pindad, ini terinspirasi dari motif Batik Parang.

Hub cap (dop) pelek juga menggunakan logo Garuda yang akan tetap terlihat meski mobil sedang berjalan. Logo Garuda pastinya juga terlihat di bagian depan. Sementara footstep di samping bawah mobil, bisa terlipat otomatis saat pintu ditutup.

Menarik juga. Akankah mobil ini lebih sering muncul ketimbang Mercedes-Benz S-Class yang biasa digunakan? Kita lihat saja.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x