Peugeot 208 Racing Siap Mengakomodir Tim Rally Berbudget Cekak

22 October 2024 | 5:20 pm | Rizky Dermawan

Peugeot 208 kini hadir dalam versi balap racikan Stellantis Motorsport. Hanya saja, ini adalah model khusus balap rally kelas pemula dan bukan spek jalan raya. Dinamai Peugeot 208 Racing, diluncurkan untuk mengakomodir para pereli amatir pemula dan tim balap privateer berbudget terbatas.

Dengan mobil ini para pereli dan tim balap nantinya bisa ikut seri balap FR6 Trophy yang menjadi bagian dari seri French Rally Cup 2025 (Kejurnas reli di Prancis). FR6 Trophy adalah kelas untuk para pemula, atau tim amatir dengan budget terbatas. 

Pelek Kaleng

Dalam membuat Peugeot 208 Racing, divisi Stellantis Motorsport melibatkan para ahli dan teknisi Peugeot 208 Rally4, Citroen C3 Rally2, dan 208 Racing Cup.

Basis dasar yang digunakan adalah Peugeot 208 versi facelift standar. Sekujur bodi dilabur warna putih dengan aksen stripping decal minimalis ala Peugeot 106 Rallye yang ikonik. 

Bodi berwarna putih memudahkan tim balap untuk menempelkan livery dan stiker sesuai keinginan masing-masing sponsor.

Agar tampilan serasi, pelek ‘kaleng’ warna putih dibalut ban Michelin Pilot Sport PS5 jadi kelengkapan standar. 

Interior ‘Resing’

Peugeot 208 Racing

Area kokpit tentunya tampil ala kadarnya sesuai standar mobil rally. Rangka roll cage pipa tubular yang melindungi bagian dalam kokpit sesuai stabdar FIA. Jok balap, seat harness, sistem pemadam api otomatis pun sesuai regulasi balap Rally 4.

Baca juga :  1.258 HP, 1.339 Nm, Inilah McLaren W1!

Panel dashboard dilapisi bahan anti reflektif agar tak memantulkan sinar matahari yang menyilaukan mata dan mengganggu konsentrasi.

Konsol tengah dilengkapi dengan tombol seperlunya plus tombol “kill switch” (circuit breaker) untuk mematikan sistem kelistrikan saat kondisi darurat.

Informasi berkendara dan peta navigasi GPS ditampilkan via layar digital pada dashboard. Setting dan remapping serta diagnostik dapat dilakukan via layar dashboard yang terkoneksi dengan laptop.

Uniknya, bobot kosong Peugeot 208 Racing hanya 1.050 kg. Lebih ringan dari 208 Rally4 yang bobotnya 10.080 kg.

Mesin 3-silinder 1.2-liter turbo Pure-Tech yang diusung diupgrade di dikalibrasi sesuai regulasi balap rally FR6. Output tenaganya 143 hp,  atau 44 hp lebih besar dari 208 standar jalan raya. Transmisi 6-speed manual digunakan untuk transfer daya ke roda, serta tentunya, harus bisa menenggak bensin superethanol E85, sesuai regulasi.

 

Peugeot 208 Racing label harganya mulai dari €38.900 atau sekira Rp 685,85 jutaan. Jauh lebih murah dari 208 Rally4 spek ‘standar’ yang dibanderol mulai dari €73.200 atau setara Rp 1,2 miliaran. Harga off-the road, belum termasuk pajak dan kit balap lainnya yang daftarnya cukup banyak.

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x