Persaingan teknologi otomotif tak hanya gencar di sektor mobil listrik bertenaga baterai (BEV), tapi juga di sektor kendaraan dengan sel bahan bakar (FCEV). Sebuah konsep FCEV berbahan bakar sel hidrogen baru saja diperkenalkan yakni Hyundai Initium Concept.
Mobil konsep yang dipresentasikan di Seoul, Korea Selatan ini perlahan tapi pasti akan diproduksi pada pertengahan tahun 2025 mendatang.
Dari segi desain, Hyundai menerapkan gaya bahasa desain baru yang disebut “Art of Steel” pada Initium Concept. Karena wujudnya adalah sebuah SUV, maka gaya tampilannya menyesuaikan karakter mobil serbaguna baik dalam kota maupun diajak berpetualang.
Para desainer Hyundai menampilkan karakter desain baru, yang nampak jauh lebih menarik dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut juga berlaku pada Initium Concept yang nampak stylish dan semi futuristik namun tetap terlihat mewah. Tak hanya pada gaya eksterior, namun juga pada kemasan interiornya.
Sejumlah elemen desain mobil yang ada pada lini brand Hyundai seperti Ioniq5 dan Nexo diterapkan pada Initium Concept. Jadi para konsumen tak akan kaget saat Hyundai resmi memproduksi Initium tahun depan.
Dalam bahasa Latin, nama Initium tak hanya memiliki arti ‘permulaan’, tapi juga ‘misteri’. Seperti namanya, spek teknis mobil FCEV ini masih jadi misteri. Pihak pabrikan belum mengungkap secara lengkap, hanya ada sedikit petunjuk yang bikin penasaran.
Berjarak Tempuh 640 km
Tangki bahan bakar hidrogen cair yang digunakan dikatakan ukurannya besar, tapi tak disebutkan berapa kapasitasnya. Agar jarak jelajah cukup jauh, jenis ban yang digunakan punya hambatan gesek rendah.
Initium dikatakan menggunakan motor elektrik penggerak berdaya 150 kW (201 hp) dan ditargetkan mampu menempuh jarak hingga 640 km. Dibandingkan dengan mobil FCEV Hyundai yakni Nexo, catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam Initium diklaim jauh lebih cepat yakni 8 detik (Nexo berkisar 8.4 detik).
Pada versi produksinya nanti Initium FCEV akan menggunakan teknologi sel bahan bakar generasi ketiga Hyundai. Generasi pertama yakni Tucson FCEV tahun 2013 punya densitas daya 2.09 kW/l. Generasi kedua yakni Nexo 2018 densitasnya 3.2 kW/l.
Meskipun untuk Initium tak disebutkan besaran angkanya, hasilnya diperkirakan jauh lebih baik dari dua FCEV terdahulu. Sel bahan bakar Initium pun diklaim punya daya 40 persen lebih baik dibandingkan Nexo. Soal fitur yang akan dibekalkan nantinya memang masih jadi misteri.
Salah satu fitur penting yang dibekalkan adalah kemampuan vehicle-to-load (V2L). Soket listrik bervoltase 220-volt yang dibekalkan sama dengan voltase listrik rumah tangga yang umum digunakan di Korea Selatan dan juga di beberapa negara, termasuk Indonesia.
Tidak Usah Beli Token Listrik
Kapasitas baterai dan tangki sel hidrogen (H2) yang dibopong Initium Concept memang belum diungkap. Namun dalam kondisi tangki terisi penuh, daya listrik yang dihasilkan diklaim mampu mencapai 100 kWh. Cukup untuk memenuhi kebutuhan daya listrik rumah tangga selama sepekan hingga 10 hari. Nah, tak perlu beli token listrik selama sepekan.
Yang jadi pertanyaan adalah infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar hidrogen. Pasalnya, saat ini di seantero Korea Selatan baru tersedia sekira 200 titik stasiun pengisian bahan bakar sel hidrogen. Itu pun tak semua kota tersedia.
Dalam dunia otomotif, mobil bertenaga sel hidrogen memang masih barang baru. Tentu butuh waktu beberapa tahun lagi untuk bisa berkembang. Bukan hanya jumlah populasi kendaraannya saja, tapi juga jaringan infrastruktur pendukungnya.