Toyota baru saja meluncurkan model edisi khusus GR Supra A90 Final Edition. Hanya ada 300 unit yang bakal beredar terbatas di Jepang dan Eropa. Apa ini pertanda Toyota Supra akan segera ganti generasi?
Upgrade Spek Teknis
Bukan sekadar gimmick edisi khusus yang hanya mendapat polesan tampilan. Toyota Gazoo Racing benar-benar meracik seluruh area pada GR Supra A90 Final Edition ini.
Mesin 6-silinder segaris 3.0-liter lansiran BMW yang dibekalkan diupgrade total. Saluran intake dan turbonya direvisi. Setting kurva performa pada ECU pun diracik ulang.
Para spesialis di Gazoo Racing memasang plat regulator pada karter oli agar distribusi pelumasan mesin tetap berimbang saat dipacu di trek balap. Sistem pendinginan mesin dan piranti active differential gardan belakang juga diupgrade. Agar aliran gas buang makin lancar dengan muffler titanium lansiran Akrapovic. Suara knalpot pun jadi lebih merdu.
Hasilnya cukup memuaskan. Dibandingkan spek standar GR Supra, output tenaganya naik 94 hp menjadi 429 hp. Torsi puncaknya pun bertambah 70 Nm menjadi 570 Nm. Untuk transmisi pakai versi manual 6-speed dengan penggerak roda belakang (RWD).
Guna mengimbangi peningkatan performa, setting sasis pun diupgrade berbasis dari mobil balap GR Supra GT4.
Suspensi standar diganti versi adjustable spek balap lansiran KW Suspension. Pada dudukan suspensi serta stabilizer depan dan belakang dilakukan penguatan. Sudut camber roda disetel ulang agar handling saat bermanuver makin stabil.
Sistem rem pun diupgrade dengan set rem cakram high performance lansiran Brembo berikut selang rem heavy duty berbalut kasa baja.
Tampil Beda Dan Istimewa
Agar tampil beda dan istimewa dibanding GR Supra biasa, eksterior versi A90 Final Edition ini dikemas khusus. Bahkan bodykit yang disematkan pun bukan versi GRMN.
Kap mesin dengan lubang intake, bemper depan bersirip canard dan splitter didesain khusus. Sayap spoiler serat karbon model GT berukuran besar terpasang di buritan.
Tampilan jadi makin gagah dengan pelek forged aluminium lightweight ukuran 19 in (depan) dan 20 in (belakang). Ban pakai Michelin Pilot Sport Cup 2 ukuran 265 (depan) dan 285 (belakang).
Area interior pun tampil beda. Jok depan pakai Recaro Podium CF dengan rangka serat karbon berlapis kulit Alcantara warna merah. Senada dengan seat belt, konsol tengah dan panel door trim. Jok belakang, dashboard dan plafon dikemas dengan nuansa hitam kombinasi kulit Alcantara dan aksen serat karbon.
GR Supra ‘Standar’ Juga Diupgrade
Bagi yang tidak kebagian jatah model edisi terbatas A90 Final Edition tak perlu berkecil hati. Toyota juga meluncurkan versi upgrade dari GR Supra reguler yang beredar untuk pasar global, termasuk Jepang, Eropa dan Australia. Kado pembuka tahun 2025.
Varian ini di Eropa dipasarkan dengan label “Lightweight Evo”. Sedangkan di Australia berlabel “Track Edition”. Nah, sudah mulai terbayang upgradenya seperti apa?
Upgrade pemanis tampilan terlihat pada bagian buritan yang terpasang spoiler serat karbon model ducktail. Lubang udara pada fender depan juga direvisi.
Pelek pakai versi forged aluminium ukuran 19-in warna hitam doff yang berbalut ban Michelin Pilot Super Sport.
Sentuhan pada interior tak banyak. Hanya sebatas jok GR Sport dan panel interior berlapis kulit Alcantara warna hitam yang kontras dengan seatbelt berkelir merah.
Meskipun labelnya beraroma ‘balap’, nyatanya spek mesin 6-silinder 3.0-liter turbochaged berkode B58B30O1 yang diusung tak berubah. Tenaganya tetap 382 hp dengan torsi 500 Nm. Opsi transmisi tersedia versi automatic 8-speed maupun manual 6-speed.
Yang diupgrade ternyata lebih ke sektor sasis. Setting suspensi berpengendali elektronik disetel ulang. Karet bushing dan dudukan suspensi diganti spek balap. Area seputar sasis dan stabilizer diperkuat agar stabilitas berkendara makin meningkat.
Sistem kendali differential aktif pada gardan belakang diupgrade. Optimalisasi juga dilakukan pada electronic power steering. Sudut camber roda disetel ulang. Selain agar bisa meningkatkan traksi roda, gejala understeer pun bisa direduksi.
Cakram rem roda depan pun diupgrade dengan spek balap lansiran Brembo. Ukuran cakram pun lebih besar dari spek standar.
Tak dijelaskan apakah ada versi bermesin 4-silinder 2.0-liter. Pasalnya, meskipun GR Supra US-spec tak lagi pakai mesin ini tapi di Jepang dan Eropa masih ada.
Mulai Tersedia Tahun 2025
Para konsumen di Eropa yang berminat dengan GR Supra Lightweight Evo dan GR Supra A90 Final Edition bisa mulai ‘berburu’ mulai Januari 2025. Sedangkan di Jepang dan Australia akan menyusul kemudian. Sayang sekali label harganya saat ini belum disebutkan. Mungkin dalam waktu dekat…