Setelah tahun lalu melakukan penyegaran pada model Vantage coupe, kini Aston Martin melakukan hal yang sama pada Vantage Roadster. Apa saja hal baru yang diimbuhkan pada Vantage beratap lipat ini?
Tampilan eksterior? Vantage Roadster tak banyak berubah dari versi terdahulu. Hanya saja kini ada tiga opsi warna baru, yakni Iridescent Sapphire, Satin Iridescent Sapphire, dan Bronze Flare. Warna atap kanvas tak hanya hitam polos, tapi biss pilih warna lain seperti merah, biru atau kombinasi hitam dan silver.
Pelek 21-inci yang dibekalkan ada empat pilihan model. Kaliper remnya pun bisa pilih salah satu dari tujuh warna yang tersedia.
Aston Martin nampaknya perlahan mulai sedikit memanjakan konsumen dengan opsi warna yang lebih beragam.
Performa Kian Bugar
Jantung yang dibekalkan Aston Martin pada Vantage Roadster sama seperti versi Coupe hardtop. Mesin V8 4.0-liter twin-turbonya kini bertenaga 656 hp dengan torsi 800 Nm. Ada kenaikan 153 hp dan 115 Nm dari versi tahun 2023.
Penyegaran pada sektor performa berkat perangkat turbo yang digunakan kini lebih besar. Sudut profil camshaft digarap ulang untuk menghasilkan titik bakar. Rasio kompresi pun disetting ulang untuk mengimbangi tekanan boost dari turbo yang baru. Tentu saja ECU mapping ulang.
Penyaluran performa mesin ke poros roda belakang via transmisi automatic 8-speed dan limited-slip differential berpengendali elektronik.
Roadster terbaru Aston Martin ini pun hanya butuh 3,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Top speed diklaim tembus 325 km/jam. Sama seperti versi Coupe.
All new Vantage Roadster masih tetap dibekali ban Michelin Pilot Sport S 5 dan rem cakram carbon ceramic berdiameter besar agar aman pada kecepatan tinggi.
Mobil atap convertible biasanya jauh lebih berat dari versi hardtop. Tapi tidak dengan Vantage Roadster, hanya selisih 60 kg lebih berat dari Vantage biasa. Distribusi bobot depan-belakang pun nyaris imbang yakni 49:51.
Stabilitas berkendara turut jadi perhatian. Setting suspensi depan double wishbone dan suspensi belakang multi-link dibenahi. Peredaman suspensi kian sempurna berkat perangkat Bilstein DTX adaptive damper.
Aksi bermanuver maupun melibas tikungan pada kecepatan tinggi kian sempurna berkat fitur kontrol traksi. Ada delapan pilihan setting yang dapat diadjust secara mandiri sesuai keinginan.
Fitur Mewah
Atap convertible bukan sekadar rangka besi berselubung kanvas yang bisa buka tutup otomatis.
Mekanisme atap convertible terbilang rumit. Dengan mekanisme lipat model Z, Vantage Roadster hanya butuh sekira 6,8 detik untuk buka-tutup atap kanvasnya. Cukup tekan tombol pada dashboard atau via remote kunci. Namun kecepatan tak boleh lebih dari 50 km/jam.
Sebagai fitur pemanja telinga, Vantage Roadster standarnya dibekali sistem audio dengan 11 buah speaker. Bagi para pecinta audiophile yang mengutamakan kualitas suara superior, tersedia opsi sistem audio lansiran Bowers & Wilkins.
Tapi saat atapnya terbuka, suara deruman mesin V8 twin-turbonya jauh lebih syahdu…
Tunggu Beberapa Bulan Lagi
Meskipun sosoknya sudah naik tayang, tapi Aston Martin belum mengumumkan label harga Vantage Roadster. Hanya dikatakan unit pesanan bakal mulai dikirim sekira kwartal kedua tahun ini. Hmm…para pelanggan prioritas nampaknya sudah lebih dulu mendapat info harganya.
Unit mobil Aston Martin penggarapannya sebagian besar masih handmade. Bukan mobil yang dicetak tak sampai sehari langsung jadi. Terlebih bagi konsumen yang menginginkan citarasa sentuhan personal. Daftar antrean ‘special order’ yang harus dikerjakan oleh Q cukup panjang.
Penasaran berapa kira-kira harga Vantage Roadster terbaru ini? Sebagai gambaran, Vantage versi coupe tahun 2023 harganya mulai dari $146.986. Versi terbarunya yakni model tahun 2025 harganya $194.086.
Vantage Roadster justru harganya jauh lebih mahal dari versi coupe. Model tahun 2023 label harganya paling murah $158.186. Jadi untuk versi terbaru ini dijamin bisa tembus kisaran $200.000 – $225.000.