PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Isuzu di Indonesia, menunjukan pertumbuhan bisnis yang signifikan dalam 5 tahun ke belakang. Hal ini disebabkan karena Isuzu terus menjadi pilihan konsumen dalam berbagai kebutuhan bisnis.
Performa PT IAMI dalam melayani kebutuhan konsumen melalui beragam kendaraan komersial dan layanan purna jual, membuat tantangan pasar otomotif di tahun 2024 silam bisa terlewati dengan baik serta bertumbuh.
Capaian 30,5 persen
“Tahun 2024 merupakan tahun yang begitu menantang bagi pasar otomotif nasional. Di tengah penurunan pasar, Isuzu berhasil bertahan dan menorehkan pencapaian yang baik,” kata Yusak Kristian Solaeman, President Director PT IAMI.
Sepanjang tahun 2024, PT IAMI mencatatkan penjualan retail sebanyak 27.984 unit kendaraan, atau setara dengan 30,5 persen pasar kendaraan komersial nasional. Hal ini menunjukkan bahwa PT IAMI berhasil memenuhi beragam kebutuhan para pelaku usaha di Tanah Air.
Elf masih dominasi penjualan lokal
Ada beberapa produk Isuzu yang menyumbang penjualan kendaraan secara signifikan. Yang pertama ialah Elf yang terjual lebih dari 12.610 unit, atau setara dengan 26,6 persen di segmennya. Selanjutnya adalah Traga yang berhasil terjual sebanyak 10.954 unit, atau setara dengan penguasaan pasar segmen pikap medium sebesar 47,7 persen.
Disusul oleh Giga yang berhasil terjual sebanyak 4.420 unit, atau setara dengan 20,5 persen pangsa heavy duty truck. Isuzu juga tetap berkomitmen melalui produk LCV, yaitu mu-X 4×4 dan D-Max, untuk melengkapi kebutuhan pelanggan dalam armada bisnis komersial. Khususnya dalam bidang pertambangan, perkebunan, minyak dan gas, serta sektor pemerintahan.
Siapkan strategi bisnis yang tepat
Kehadiran pabrik Isuzu Karawang Plant juga turut dimaksimalkan, untuk memproduksi aneka kendaraan untuk dalam dan luar negeri. Selain itu, pabrik Isuzu Karawang Plant mendapatkan kepercayaan dalam menjalankan kerjasama dengan UD Truck. Dengan memproduksi lebih dari 1.500 unit UD Truck Quester.
Menyongsong tahun 2025, PT IAMI sudah menyiapkan berbagai strategi. Mulai dari rangkaian produk yang sesuai kebutuhan, layanan purna jual yang memberikan rasa tenang bagi konsumen, dan berbagai program selaras dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
“PT IAMI akan terus menghadirkan produk berkualitas dan menyediakan beragam kebutuhan kendaraan komersial. Berkat strategi bisnis yang tepat, sinergi ekosistem bisnis kami, dan kepercayaan konsumen, membuat PT IAMI bisa terus tumbuh di usia 50 tahun,” tutup Yusak Kristian Solaeman.