Review: Geely EX5

22 May 2025 | 6:30 pm | Aldi Prihaditama

Sejak diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 silam, Geely EX5 berhasil mendapat perhatian banyak khalayak. Termasuk kami. Selain bentuknya yang kami nilai cukup oke, rasa berkendara dan kenyamanannya juga membuat kami penasaran. Geely EX5 memiliki sosok Sport Utility Vehicle (SUV), dengan dua baris tempat duduk.

Geely EX5 merupakan model mobil listrik kedua dari Geely Auto. SUV ini menganut basis platform Geely Electric Architecture (GEA). Saat debutnya pada Juni 2024 lalu, mobil listrik ini dipasarkan di negara asalnya dengan nama Galaxy EX5. Tak hanya dipasarkan di Cina, EX5 juga dipasarkan secara global ke Eropa, Australia, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Geely EX5 mempunyai panjang 4.615 mm, lebar 1.901 mm, tinggi 1.670 mm, dan wheelbase 2.750 mm. Dimensinya tidak bisa dibilang ringkas, tapi juga tidak bongsor. Sehingga menjanjikan interior yang cukup lapang. Fleksibilitas ruang kabin hadir berkat fitur Magic Space. Posisi duduk penumpang di jok baris kedua, dibuat untuk menghadirkan kenyamanan optimal. Apalagi Geely menyematkan sistem entertainment Flyme Auto.

Teknologi Fast Charging 100 kW

Berbekal klaim Geely, EX5 memiliki jangkauan lebih dari 450 km dalam sekali pengisian daya, maka kami mengarahkan perjalanan dari Jakarta menuju kota Bandung, via Subang, lalu kembali lagi. Lagipula Geely EX5 menggunakan teknologi fast charging 100 kW, yang mampu menambah jarak ratusan kilometer hanya dalam 20 menit.

Baca juga :  Transjakarta Teken MoU Uji Coba Dengan Foton eTruckmate

Dengan baterai Aegis Short Blade berjenis Lithium Iron Phosphate (LFP) 60,22 kWh, Geely EX5 diklaim mampu menempuh jarak hingga 490-495 km. Semua itu dalam sekali pengisian penuh, berdasarkan standar New European Driving Cycle (NEDC). Ada dua varian untuk pasar Indonesia, pembedanya yaitu dengan jarak tempuh maksimum yang dimiliki. Geely EX5 Max dengan range 490 km. Sedangkan EX5 Pro mencapai 495 km.

Motor listrik yang digunakan, bertenaga 160 kW (setara dengan 214 hp) dan bertugas menggerakkan roda depan. Sedangkan torsi puncaknya yang mencapai 320 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim hanya butuh waktu 6,9 detik saja.

Suspensi Seperti Sebuah Sedan

Geely EX5 menunjukkan performa suspensi yang optimal di berbagai kondisi jalan. Di wilayah perkotaan, ayunan suspensi menyerupai sebuah sedan. Kami sungguh menyenangi rasa berkendara di dalam kota. Lalu bagaimana di jalan tol? Ternyata langsung terasa perbedaannya. Bagi sebagian pengguna EX5, bisa jadi akan mengeluarkan keluhan terkait suspensi yang terlalu empuk. Hal ini terjadi jika EX5 digeber hingga di atas kecepatan 120 km/jam. Solusinya, ya jangan ngebut-ngebut…

Soal fitur keselamatan berkendara, EX5 dilengkapi sistem ADAS Level 2 dengan 13 fungsi. Sebut saja Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist, Colission Mitigation Support depan dan belakang, Rear Cross Traffic Alert lengkap dengan rem otomatis. Tak ketinggalan Automatic Emergency Braking, Blind Spots Detection, Emergency Lane Keeping Assist, Traffic Sign Information, serta Doors Open Warning.

Baca juga :  Volkswagen Indonesia Association Punya Pengurus Baru!

Selama perjalanan dua hari yang kami lakukan, tercatat konsumsi daya Geely EX5 tercatat rata-rata di angka 19,5 kWh per 100 km. Angka ini tergolong baik, mengingat unit yang kami gunakan diisi oleh tiga penumpang. Dan dua di antaranya, memiliki bobot yang sama sekali tidak ringan… Belum lagi dengan sejumlah barang bawaan, serta kombinasi kondisi jalan dengan tanjakan dan lalu lintas padat.

Geely Auto Indonesia menjamin baterai yang digunakan EX5 memiliki siklus daya tahan pemakaian hingga satu juta km. Anda berminat meminangnya? Oke, ini harganya. Geely EX5 Pro yang dibanderol Rp 475 juta. Lalu EX5 Max yang dipasarkan di angka Rp 515 juta. Keduanya ialah harga on the road Jakarta.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x