Penjualan mobil Chery global mencapai 1 juta unit hanya dalam waktu 5 bulan saja. Hal ini tentunya menjadi prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.
Penjualan lebih dari 1 juta unit kendaraan dalam lima bulan pertama 2025 ini didorong oleh inovasi New Energy Vehicle (NEV).
Hingga akhir Mei 2025, Chery Group telah membukukan 1.026.517 unit penjualan dan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 14 persen. Pertumbuhan ini diklaim lebih cepat dibandingkan tahun lalu.
Di bulan yang sama, Chery berhasil mengekspor 100.737 unit kendaraan dan mencatatkan total ekspor sebesar 443.940 unit sepanjang tahun ini. Hal tersebut mengukuhkan posisinya sebagai eksportir mobil nomor satu di China.
Pencapaian ini juga didorong oleh lonjakan permintaan terhadap kendaraan energi baru (NEV). Tercatat 63.169 unit NEV terjual pada Mei (naik 47,7 persen YoY), dan total 287.798 unit NEV terjual dalam lima bulan. Tumbuh lebih dari dua kali lipat (111,5 persen) dibandingkan tahun lalu.
Penjualan Chery di Indonesia
Penjualan mobil Chery global mencapai 1 juta unit hanya dalam waktu 5 bulan saja. Lalu bagaimana dengan penjualan di Indonesia?
Di Indonesia, kontribusi Chery terhadap pencapaian global ini juga sangat signifikan. Lini produk unggulan seperti Tiggo Series, C5/E5 Series, dan Chery J6 terus menunjukkan performa penjualan yang solid.
Dimulai sejak bulan Desember 2024 hingga April 2025, PT Chery Sales Indonesia (CSI) berhasil mempertahankan tren penjualan positif dengan penjualan di atas 1.000 unit per bulan. Tren positif masih terus berlanjut hingga bulan Mei 2025, dengan mencatatkan angka penjualan 2.000 unit di tengah kondisi pasar otomotif Tanah Air yang mengalami kontraksi.
Pencapaian tersebut tak lepas dari dukungan ekspansi dealer Chery yang terus bertambah di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Chery telah melakukan 48 grand opening dealer secara resmi di berbagai penjuru Tanah Air.
“PT Chery Sales Indonesia tentunya sangat bangga dapat menjadi bagian dari pencapaian Chery secara global yang luar biasa,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia.
Menurutnya, prestasi ini bukan sekadar mencerminkan komitmen Chery dalam menghadirkan produk-produk unggulan, tapi juga turut memberikan sinyal positif agar market tidak terlalu terpuruk melalui kontribusi penjualan dan dukungan luar biasa dari seluruh Chery Family di Indonesia.
“Kami sangat mengapresiasi antusiasme yang begitu tinggi terhadap lini kendaraan Chery. Dukungan dan kepercayaan ini menunjukkan bahwa Chery semakin diterima dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai merek otomotif global yang relevan dengan kebutuhan. Ke depannya, kami akan terus memperkuat komitmen kami dalam menghadirkan inovasi produk yang sesuai dengan karakteristik dan preferensi konsumen di Tanah Air,” tutup Rifkie.