CEO GWM Indonesia Bagus Susanto resmi dilantik untuk optimalkan laju bisnis di Tanah Air. Hal ini bagian strategi guna meningkatkan kinerja dan performa di pasar otomotif Indonesia.
Inchcape Indonesia mendapuk Bagus Susanto sebagai Chief Executive Officer (CEO) GWM Indonesia. Posisi baru yang diemban Bagus Susanto berlaku mulai 10 Juli 2025.
Proses tumbuh kembang brand GWM di Indonesia kini menjadi tanggung jawab Bagus Susanto selaku decision maker. Fokus utama yang akan dilakukan saat ini adalah meramu formulasi strategi jangka panjang yang berkelanjutan dan peningkatan kinerja operasional GWM di Indonesia. Indonesia adalah salah satu pasar otomotif paling strategis dan dinamis di Asia. Kultur dan karakter konsumen Indonesia yang unik. Butuh sentuhan pendekatan yang luwes dengan berbagai ide segar yang kreatif serta atraktif.
Harapan Besar GWM
CEO GWM Indonesia Bagus Susanto bukanlah nama yang asing di industri otomotif di Indonesia. Bagus telah berkiprah selama hampir 30 tahun. Beragam posisi jabatan penting pernah diembannya.
Tak hanya di lingkup bisnis dan industri otomotif nasional, tapi juga di regional Asia-Pasifik serta Korea Selatan.
Berbagai pencapaian prestasi diraihnya di sektor penguatan divisi penjualan maupun pengembangan produk. Hal serupa semoga dapat dicapai oleh Bagus Susanto bersama GWM di Indonesia.
Colin Christie, Regional Director of Strategy and Transformation Asia-Pacific, Inchcape, menyampaikan bahwa penunjukan Bagus Susanto sebagai CEO GWM Indonesia mencerminkan komitmen Inchcape untuk memperkuat posisi GWM di pasar otomotif Indonesia yang terus berkembang pesat.
“Dengan rekam jejak kepemimpinan yang kuat, pemahaman mendalam terhadap pasar lokal, serta pengalaman global, kami percaya Bagus akan mempercepat implementasi strategi pertumbuhan GWM dan menghadirkan portofolio kendaraan yang unggul, relevan, serta dapat dipercaya konsumen Indonesia,” papar Colin Christie.
Terkait penunjukan dirinya sebagai CEO GWM Indonesia, Bagus Susanto merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin GWM Indonesia di fase penting pertumbuhannya.
GWM memiliki visi jangka panjang dan optimisme yang kuat untuk pasar otomotif Indonesia. Dukungan penuh Inchcape, terutama dalam hal fasilitas manufaktur menjadi pondasi penting untuk mewujudkan tumbuh kembang brand GWM di Tanah Air.
“Saya optimistis kami dapat menghadirkan solusi mobilitas yang relevan dan memberi kontribusi nyata bagi perkembangan industri otomotif nasional,” paparnya.
Perakitan Lokal GWM
Kehadiran brand Great Wall Motor (GWM) di Indonesia berada di bawah naungan PT Inchcape Indomobil Energi Baru (IIEB). Perusahaan ini merupakan hasil kerja sama antara PT Indomobil Group dan Inchcape, perusahaan global yang bergerak di bidang distribusi dan layanan otomotif.
Guna meraih sukses di Indonesia, GWM telah melakukan perakitan unit kendaraan secara lokal. Salah satu mobil unggulan GWM yakni Haval Jolion HEV sudah dirakit di Inchcape Manufacturing Facility, yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat sejak September 2024.
Mobil yang dirakit statusnya IKD atau Incompletely Knocked Down, yang artinya kendaraan diimpor dengan kondisi tidak utuh, atau komponennya tidak lengkap. Sebagian besar masih diimpor, termasuk baterai untuk kerja teknologi hybrid-nya.
Lini produksi dan operasional logistik yang dialokasikan untuk GWM Indonesia luasnya sekira 20.277 meter persegi dari total areal fasilitas Inchcape Manufacturing Facility yang mencapai 411.392 meter persegi.
Dengan kapasitas produksi mencapai 70.000 unit per tahun, operasional produksi unit kendaraan GWM dikelola lebih dari 100 personel khusus di bidang Produksi, Manajemen Kualitas, Teknik, dan Logistik.
Proses produksi melewati beberapa station termasuk assembly tahap awal, instalasi kelistrikan, insulasi peredam, pemasangan pintu, hingga quality control. Kualitas proses produksi dan unit kendaraan yang dirakit sesuai dengan standar baku mutu GWM global.
Dalam waktu dekat GWM berencana untuk mulai memproduksi secara lokal mobil listrik Ora 03 (Good Cat) di fasilitas yang sama. Paling cepat pada akhir tahun 2025.
Secara bertahap GWM Indonesia akan meluncurkan berbagai lini produk terbaru. Hal tersebut sejalan dengan strategi global GWM yakni “All Scenarios, All Powertrains, All Users”. GWM terus berupaya menyediakan solusi kendaraan yang relevan di berbagai segmen dan kebutuhan mobilitas guna menjawab beragam kebutuhan konsumen.