Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 dimanfaatkan oleh PT Sailun Tire Indonesia untuk tampil perdana. Keikutsertaan ini menjadi bagian dari langkah strategis Sailun Group, dalam memperkuat posisi semua brand ban globalnya di pasar Indonesia. Mulai dari Sailun, RoadX, Blackhawk, dan Maxam.
Sailun Group yang berdiri pada tahun 2002 ini, merupakan salah satu produsen ban terbesar, dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Berdasarkan laporan Tire Press 2024, Sailun kini menempati peringkat ke-10 sebagai produsen ban terbesar secara global. Sailun dipasarkan di lebih dari 180 negara, dan didukung sembilan pabrik manufaktur. Termasuk empat pusat riset dan pengembangan di Asia, Eropa, dan Amerika Utara.
Sailun berkomitmen untuk menghadirkan ban berkualitas tinggi berbasis inovasi teknologi mutakhir. Pertumbuhan pesat Sailun Group menjadi bukti komitmen perusahaan dalam mengedepankan kualitas, performa, dan keberlanjutan. Produk Sailun mencakup lebih dari 1.500 varian yang memenuhi beragam kebutuhan. Dari mobil penumpang, kendaraan komersial, hingga aplikasi khusus seperti pertambangan, kehutanan, dan pertanian.
Siapkan Investasi Strategis
Sailun memperkuat komitmennya di Indonesia melalui pembangunan fasilitas manufaktur ban di Demak, Jawa Tengah. Fasilitas ini dikelola langsung oleh anak perusahaan Sailun International Holding. Dengan gelontoran investasi sebesar USD 251,44 juta, pabrik ini akan memproduksi ban radial untuk kendaraan penumpang (PCR), bus dan truk (TBR), serta alat berat (OTR). Pada fase pertama, target kapasitas tahunan mencapai 3,6 juta ban PCR, 600 ribu ban TBR, dan 37.000 ton ban OTR.
Tak hanya sebagai basis produksi, Sailun Indonesia juga berperan penting sebagai pusat distribusi, dan layanan purna jual untuk pasar domestik. Didukung oleh jaringan mitra lokal, PT Sailun Tire Indonesia sedang mengembangkan sistem distribusi nasional, untuk memastikan ketersediaan produk serta layanan yang cepat, dan andal di seluruh wilayah Indonesia.
Nilai Tambah Bagi Konsumen
“Indonesia adalah pasar penting dalam strategi ekspansi kami di kawasan Asia Tenggara. Kami optimis, dengan kualitas, teknologi, dan inovasi yang kami tawarkan, kami dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen maupun mitra bisnis di seluruh Indonesia,” tutur Eko Supriyatin, Direktur Sales & Marketing PT Sailun Tire Indonesia.
Selama GIIAS 2025 berlangsung, pengunjung tidak hanya dapat melihat langsung teknologi ban unggulan Sailun, namun juga dapat berdialog langsung dengan tim teknis Sailun. Kehadiran perdana ini menjadi momen penting dalam memperkenalkan inovasi dan semangat kolaboratif Sailun untuk membangun masa depan industri ban di Indonesia.