Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, tak melulu menjadi momen bagi pelaku industri otomotif untuk memperkenalkan produk terbaru. Sebab pameran ini juga acapkali dimanfaatkan oleh banyak pihak lain, dalam menampilkan kreasi yang ekspresif. Seperti kolaborasi yang dilakukan oleh Maxdecal, Volkswagen Indonesia, dan Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF).
Maxdecal, pelaku industri aftermarket otomotif dengan stiker kendaraan berkualitas tinggi, kembali menunjukkan komitmennya memperkuat ekosistem ekonomi kreatif nasional. Karena Maxdecal berperan aktif dalam kolaborasi VW, EKRAF, dan sejumlah pemilik kekayaan intelektual (IP) lokal, melalui kampanye New Buzz in Life.
Kolaborasi ini mengajak masyarakat merayakan ekspresi diri, melalui kehadiran VW ID. BUZZ. Sinergi ini diperluas dengan melibatkan pelaku industri kreatif, komunitas, dan seniman lokal yang memiliki visi serupa, tentunya dalam inovasi serta aspek keberlanjutan.
Kembangkan Ekosistem Ekonomi Kreatif
“Kami bersatu, berdampingan, saling mendukung, membangun, dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif Indonesia. Baik di pasar nasional maupun internasional. Tidak hanya untuk industri otomotif, tetapi juga bagi seniman lokal dan komunitas,” ujar Nofian Hendra, selaku Project Director & RnD Maxdecal.
Kolaborasi ini memiliki kesamaan visi dan misi dalam memperkuat serta mempromosikan karya seni hasil kreativitas anak bangsa. Maxdecal juga menjalin kolaborasi bersama Beemala Tenka, merchandise IP lokal, kontes desain, juga mobil VW dengan tema kemerdekaan.
“Bersama Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Ibu Irene Umar dan tim, kami telah melakukan brainstorming untuk mendorong langkah-langkah konkret. Mulai dari art party, moto art show, hingga program autocoffee yang menjembatani komunitas kreatif dan pecinta otomotif,” tambah Nofian.
Kendaraan Tak Hanya Sebagai Alat Transportasi
Nofian Hendra juga turut menjadi pembicara dalam talkshow di booth VW bersama Wamenkraf Irene Umar, dan memberikan banyak inspirasi bagi pengunjung. Dalam sesi tersebut, Maxdecal menekankan bahwa kendaraan roda empat dan roda dua kini bukan sekadar alat transportasi saja. Tetapi dapat menjadi salah satu cara mengekspresikan diri dalam dunia kreativitas.
Di booth VW di GIIAS 2025, Maxdecal menyulap VW ID. BUZZ menjadi karya seni bergerak. Mengusung konsep kemerdekaan, Maxdecal membalut mobil listrik tersebut dengan wrapping stiker abu-abu metalik matte dari seri VPF 100. Selanjutnya dilukis langsung di lokasi, oleh dua seniman kenamaan @tabe.thay dan @ton.n.kay dari Tenka Street.
Selain itu, Maxdecal juga memodifikasi unit VW ID. BUZZ menggunakan Maxdecal 9600 – SMC10, hasil kerja sama dengan workshop @raindyigas dan pemasangan sistem airsuspension dari @airbft_indonesia. Kolaborasi ini menampilkan harmoni antara teknologi modifikasi modern dan kreativitas visual. Tampilan unit yang sudah dimodifikasi ini, menjadi salah satu sorotan di panggung VW di GIIAS 2025.