Test Drive AION UT Jakarta ke Bandung, Pulang Pergi Cuma Sekali Ngecas!

20 September 2025 | 9:09 am | Firdaus Ali

Kami mendapat kesempatan test drive AION UT Jakarta ke Bandung dan kembali lagi ke Jakarta. Menariknya, mobil listrik ini hanya butuh sekali ngecas baterainya.

Perjalanan dimulai dari Jakarta (dealer AION Buncit Jakarta Selatan), menuju Imago Hills di kawasan Dago, Bandung dan kembali ke Jakarta.

Masuk ke dalam mobil, kualitas joknya nyaman. Mulai dari kualitas material pembungkusnya, ketebalan busa serta desainya. Kemudian untuk bagian depan, pengaturanya sudah menggunakan elektrik, baik maju mundur atau ketinggian jok untuk menopang paha.

Posisi persneling ada di tuas sebelah kanan setir. Mengoperasikanya juga mudah, posisi D tinggal didorong ke bawah dan posisi R (mundur) didorong ke atas. Selanjutnya untuk parking (P) hanya menekan tombol di ujung tuas. Oh ya, setir juga sudah bisa diatur posisi ke atas bawah dan maju mundur sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan pengemudinya.

Perjalanan kami dimulai dengan melalui jalan tol lingkar luar untuk menuju Bandung. Setelah beberapa menit kami tiba di jalan tol layang MBZ. Nah, disini kami menguji kenyamanan kaki-kaki, hasilnya untuk penumpang depan masih terasa nyaman. Namun untuk penumpang belalakang agak sedikit kurang nyaman saat melewati sambungan. Oh ya, kecepatan mobil yang kami coba sekitar 100 km/jam saat melewati tol MBZ tersebut.

test drive aion ut

Memasuki tol Cipularang, lalu lintas lumayan macet, kami pun mencoba kelincahan dari AION UT untuk melewatinya. Dengan dimensi panjang 4.270 mm dan lebar 1.850 mm, AION UT mudah untuk selap-selip melewati kemacetan.

Kontur jalan naik turun tol Cipularang juga menjadi bagian dari uji coba test drive AION UT . Terbukti, akselerasi dan performa mobil listrik ini tidak diragukan, sangat responsif melibas tanjakan.

Baca juga :  Maxam Suguhkan Inovasi Ban OTR Buatan Indonesia

AION UT mengadopsi dua pilihan kapasitas baterai, yakni 44 kWh dan 60 kWh dengan jenis baterai LFP Magazine Battery 2.0. Keduanya bisa menempuh jarak maksimal masing-masing 400 kilometer dan 500 kilometer. Pengisian daya bisa dilakukan dalam waktu 24 menit, dari 30 persen hingga 80 persen menggunakan DC Fast Charging CCS2.

Konsumsi Baterai Irit

test drive aion ut

Sesi test drive AION UT Jakarta ke Bandung bersama rekan-rekan media tentunya akan menguji efesiensi baterainya. Berdasarkan pengukuran dari rekan-rekan media yang turut serta dalam acara ini, sisa jarak yang tercatat pada kendaraan AION UT setelah kembali ke Jakarta dan sudah menempuh lebih dari 300 kilometer adalah tersisa 139 km, dengan rata-rata konsumsi energi sebesar 13,8 kWh/100 km.

Ini menunjukkan betapa efisiennya AION UT dalam menggunakan daya baterai, memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan saat menjelajah jarak jauh tanpa khawatir kehabisan daya.

Soal harga, saat ini AION UT dijual dengan banderol Rp 325 juta untuk varian Standard dan Rp 363 juta untuk varian Premium (OTR Jakarta).

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x