Wuling Bikin Aftersales Skill Contest 2025: ‘Worry Free: Fix it First Time’

10 November 2025 | 9:04 am | Aldi Prihaditama

Layanan purna jual menjadi salah satu komponen penting bagi laju bisnis sebuah brand otomotif. Sebab kepuasan pelanggan memiliki berpengaruh besar terhadap loyalitas. Hal ini dipandang penting oleh Wuling, oleh karenanya perlu diadakan peningkatan kualitas layanan purna jual. Wuling menggelar Aftersales Skill Contest 2025 pada 8 November 202, di Pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat, dan dilanjutkan dengan malam penghargaan di Harper Hall Cikarang.

Kompetisi layanan purna jual ini mengusung tema ‘Worry Free: Fix it First Time’. Mencerminkan semangat Wuling untuk menghadirkan ketenangan dan rasa aman bagi pelanggan, melalui layanan yang berkualitas, cepat, dan penuh kepedulian.

Layanan Purna Jual Yang Terpercaya

“Aftersales memiliki peran strategis dalam membangun kepercayaan pelanggan terhadap Wuling. Dengan semangat ‘Worry Free: Fix It First Time’, kami ingin menegaskan arah Wuling dalam mewujudkan layanan purna jual yang terpercaya, efisien, dan konsisten,” kata Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors.

“Kami percaya, sinergi antara tim manufaktur dan layanan purna jual merupakan kunci dalam memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik,” imbuhnya.

Sebelum memulai kontes babak final dari layanan purna jual ini, ada seremoni penandatanganan komitmen bersama, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui layanan worry free. Untuk menghadirkan pengalaman konsumen yang puas akan produk dan layanan dari Wuling.

Baca juga :  Deretan Brand Mobil di Japan Mobility Show 2025, Ada BYD dan Hyundai!

Tahun Ini Ada 228 Partisipan

Wuling Aftersales Skill Contest 2025 merupakan ajang tahunan, untuk kompetisi dan pembelajaran bagi tenaga aftersales yang tersebar pada seluruh jaringan diler Wuling di Indonesia. Tahun ini, tercatat ada sebanyak 228 peserta yang berpartisipasi dari berbagai wilayah. Terbagi dalam empat kategori kelas, yaitu Service Advisor, Customer Care Officer, ICE Technician, dan EV Technician.

Kompetisi dimulai sejak Mei 2025, melalui tahap seleksi pra-kualifikasi nasional berbasis sistem pelatihan daring. Peserta kemudian mengikuti dua tahap seleksi nasional yang mencakup ujian teori dan studi kasus teknis. Di tahap ini, 90 peserta dengan nilai tertinggi melaju ke seleksi nasional tahap kedua yang dilakukan secara daring. Dari hasil penilaian tersebut, 60 peserta terbaik terpilih untuk melanjutkan ke tahap Dealer Group Selection.

Pada tahap Dealer Group Selection, setiap diler akan melakukan training camp untuk meningkatkan kompetensi teknis dan pelayanan peserta. Di tahap ini, 30 peserta terbaik akan melaju ke Final Contest yang digelar secara langsung di pabrik Wuling di Cikarang.

Berorientasi Pada Kepuasan Pelanggan

Dalam babak final ini, para finalis diuji melalui simulasi kerja nyata dan role play, mencakup penanganan masalah pelanggan untuk Service Advisor dan Customer Care Officer, wawancara layanan pelanggan, serta uji teknis kendaraan ICE dan EV bagi teknisi.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, Wuling menetapkan 12 pemenang nasional. Terdiri dari tiga pemenang di masing-masing kategori Service Advisor, Customer Care Officer, ICE Technician, dan EV Technician.

Baca juga :  Teknologi Masa Depan Isuzu Hadir di Japan Mobility Show 2025

“Aftersales Skill Contest merupakan bentuk nyata komitmen Wuling dalam mengasah kemampuan, dan menanamkan budaya kerja berorientasi pada kepuasan pelanggan. Kami ingin memastikan bahwa pelayanan yang diberikan ialah cepat, tepat, dan penuh tanggung jawab,” papar Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling Motors.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2018, Aftersales Skill Contest telah menjadi bagian penting dari perjalanan Wuling di Indonesia. Tahun 2025 menandai langkah lanjutan Wuling dalam memperkuat standar pelatihan dan kompetensi layanan purna jual secara nasional.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x