Triumph Street Triple 765 2023, Semakin Agresif !

9 November 2022 | 6:33 pm | Rizky Dermawan

Setelah tertunda beberapa tahun, akhirnya penyegaran diterapkan pada Triumph Street Triple 765 gen-4. Tak sekadar memoles tampilan semata, kali ini ada banyak ubahan pada naked bike bergaya petarung jalanan ini.

Tampilan eksterior Street Triple 765 R dan RS kini terlihat lebih garang dan agresif. Variant R hadir dalam pilihan warna Silver Ice’ dan Crystal White, dan keduanya tampil dengan velg dan garpu warna hitam. Sedangkan variant RS hadir dalam opsi warna Silver Ice, Carnival Red dan Cosmic Yellow.

Pada variant Moto2 Edition yang dibuat dalam jumlah terbatas dikemas dengan livery khusus plus panel body serat karbon. Sebagai penanda edisi terbatas, pada segitiga komstir tertera nomor seri produksi plus logo Moto2. Tersedia dua opsi warna pilihan yakni Triumph Racing Yellow dan Crystal White yang masing-masing hanya dibuat sebanyak 765 unit.

Mesin 3-silinder segaris 765 cc 12-katup kini memiliki rasio kompresi 13.25:1. Putaran mesin pun kini menjadi 11.500 rpm untuk variant R dan 12.000 rpm untuk versi RS maupun Moto2 Edition. Hasilnya, output daya kini menjadi 118 hp untuk variant R serta 128 hp untuk variant RS dan Moto2 Edition. Torsi maksimum pada ketiga variant dibuat merata yakni 80 Nm pada 9.500 rpm.

Konstruksi gigi transmisi, sproket dan rasio gigi akhir diracik ulang untuk menghasilkan akselerasi yang lebih responsif. Perpindahan naik-turun gigi pun menjadi kian halus dan cepat berkat teknologi quick-shifter Shift Assist terbaru dari Triumph.

Baca juga :  Kolaborasi BMW dan RSPB Hadirkan Luxury Shuttle Service

Ganti Dudukan Suspensi

Ubahan geometri pada Street Triple R meliputi wheelbase yang kini menjadi 1402 mm, rake dari 23.5 derajat menjadi 23.7 derajat, dan trail yang kini kian mepet menjadi 97.8 mm.

Setup suspensi variant R tetap menggunakan garpu depan up-side down Showa 41 mm SFF-BP dan monoshock Showa pada swing arm belakang. Variant RS pun tetap menggunakan garpu Showa 41mm BPF dan monoshock Öhlins STX40 pada swing arm belakang. Hanya setting geometrinya saja yang berubah.

Wheelbase dipangkas dari 1405 mm menjadi 1399 mm. Suspensi belakang ditinggikan dari 23.9 derajat menjadi 23.2 derajat agar posisi riding menjadi lebih merunduk. Trail suspensi diubah dari 100 mm menjadi 96.9 mm.

Dengan wheelbase 1397 mm yang notabene lebih pendek dari dua variant lainnya, Moto2 Edition menggunakan setup suspensi ala petarung jalanan. Sudut garpu depan Öhlins NIX30 cukup rapat yakni 23 derajat, dengan jarak main suspensi 95.3 mm. Monoshock belakang menggunakan Öhlins STX40 seperti pada variant RS. Penggunaan setang balap model clip-on kian membuat posisi riding menjadi lebih rendah dan condong ke arah depan.

Sistem pengereman pada ketiga variant model menggunakan cakram dan kaliper high-performance Brembo Stylema plus piranti ABS.

Triumph mematok harga £9.595 untuk Street Triple 765 R, lebih mahal £100 dari model sebelumnya. Sedangkan pada variant RS hanya mengalami kenaikan £300 dari harga lama yang kini menjadi £11.299.

Baca juga :  Motomobi News Karnaval 2024: Puluhan Mobil Terjual Dalam Dua Hari!

Dengan label harga £13.795, para konsumen akan mendapatkan sebuah Street Triple Moto2 Edition yang speknya paling lengkap dan jumlahnya terbatas.

Harap bersabar, Street Triple 765 versi terbaru ini baru akan tersedia mulai Februari 2023. Dan untuk para peminat versi Moto2 Edition, segera lakukan pemesanan sebelum kehabisan. Bagi anda yang lebih mengutamakan kepuasan bathin, mahal atau murah adalah hal yang relatif bukan?

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x