1.351 Unit Motor Triumph Speed Triple RR dan RS Kena Recall

29 January 2023 | 12:00 pm | Rizky Dermawan

Salah satu pengumuman recall terbaru muncul dari pabrikan sepeda motor Triumph. Terutama untuk yang dipasarkan di Amerika Serikat dan Inggris. Ada komponen mesin yang kinerjanya tidak maksimal, dan berpotensi mencederai pengendaranya. 

Departemen garansi dan kualitas produk dari markas Triumph di Hinckley, Inggris melakukan investigasi terhadap adanya sejumlah laporan klaim pelanggan di AS dan Inggris. Sejak bulan Juni hingga Agustus 2022 terdapat cukup banyak keluhan berkaitan radiator overheat dan mengalami kebocoran. 

Komponen yang diduga bermasalah pun diteliti lebih lanjut oleh tim investigasi dari pihak pabrikan. Investigasi juga dilakukan oleh Badan Administrasi Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas Nasional Amerika Serikat (NHTSA).

Diduga, penyebab overheat pada radiator disebabkan oleh hawa panas mesin yang dihembuskan oleh kipas radiator tidak terbuang secara sempurna. Berdasarkan dokumen NHTSA, sebanyak 1.351 unit sepeda motor Triumph Speed Triple RR dan RS model tahun 2022 dan 2023 masuk dalam daftar recall.

Dari hasil investigasi yang diperoleh, pihak pabrikan akan melakukan revisi desain pada sistem pendingin mesin, khusus seputar komponen radiator mesin. Seluruh unit motor Triumph yang masuk dalam daftar recall di AS akan dipasangi pelindung panas tambahan untuk membiaskan hawa panas mesin yang dihembuskan kipas radiator.

Agen dan distributor resmi motor Triumph Motorcycle di AS akan melayangkan pemberitahuan recall tersebut kepada seluruh pelanggan terdampak mulai 30 Januari 2023 mendatang. Pemasangan komponen tambahan pada seluruh unit terdampak tidak dikenakan biaya.

Baca juga :  Ini Bugatti Tourbillon, Penerus Chiron Yang Bikin Bengong

Bagaimana dengan unit Triumph sejenis yang beredar di Indonesia? Semoga para pemilik kendaraan di Tanah Air tak mengalami masalah serupa.

Triumph Speed Triple

Speed Triple adalah salah satu motor yang cukup sukses. Penggermarnya menjamur di seluruh dunia, termasuk Indonesia.  Triumph ini adalah pelopor genre motor Street Fighter dengan bentuknya yang minim fairing dan mesin besar. Diperkenalkan pertama kali tahun 1994. 

Tahun 2021, Triumph memperkenalkan generasi terbaru Speed Triple dengan mesin tiga silinder 1.160 cc. Namanya Speed Triple 1200 RS, bertenaga 177 hp. 2022, pabrikan Inggris ini memperkenalkan motor Triumph Speed Triple 1200 RR. Bentuknya  agak lain karena ada unsur cafe racer. Terlihat dari satu lampu depan yang terbungkus fairing ‘setengah’. Atau bahasa kerennya bikini fairing. 

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x