4.000 Unit Mitsubishi Xpander Laku di Januari 2023, Ini Kata Mitsubishi

19 February 2023 | 10:18 am | Indra Alfarisy

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sepertinya sedang ‘happy’ sambil waspada. Penjualan ritel mereka di bulan Januari 2023 lalu cukup berhasil. Paling tidak tetap mampu mempertahankan pangsa pasar 9,8 persen untuk mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan yang mereka jual. Paling laris apalagi kalau bukan keluarga Mitsubishi Xpander, termasuk Xpander Cross.

Dikutip dari rilis yang dikirim MMKSI, Dominasi Xpander dan Xpander Cross terhadap penjualan MMKSI mencapai 50 persen. Di kelas SUV, Mitsubishi Pajero Sport mendominasi hingga 14 persen. Sedangkan model LCV (Light Comercial Vehicle, kendaraan niaga ringan), L300 berkontribusi 22 persen terhadap prestasi penjualan MMKSI di bulan tersebut.

Xpander Cross 2023

Total penjualan ritel kendaraan penumpang Mitsubishi adalah 5.250 unit. Sedangkan mobil komersial mencapai 2.874 unit.

Kalau dipecah, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross tercatat terjual ke konsumen sebanyak 4.062 unit. Menurut Mitsubishi, ini sama dengan 22,3 persen pangsa pasar small MPV di Indonesia. Sementara Pajero Sport, baik penggerak 2WD atau 4WD memberikan kontribusi penjualan sebesar 1.186 unit. Mobil ini menguasai 34,5 persen pangsa pasar SUV menengah di Indonesia.

L300 Dominan

Sang legenda, Mitsubishi L300 juga menguasai 60,1 persen pangsa pasar retail di segmen small pickup berpenggerak 4×2, di bulan Januari. Mobil angkutan yang harganya mulai dari Rp 217 jutaan ini, laku dibeli oleh konsumen sebanyak 1,867 unit.

Baca juga :  Toyota Gazoo Racing Indonesia Menang Banyak di Jepang

Mobil angkutan yang lebih berotot, Mitsubishi Triton tercatat terjual sebanyak 1.007 unit bulan lalu. Menegaskan penguasaan pasar sebesar 31,9 persen.

Mitsubishi Triton

Dengan pencapaian tersebut, Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI mengatakan ini akan jadi motivasi untuk MMKSI. “Perjalanan kami di tahun 2023 ini baru saja dimulai. Penjualan retail tersebut telah memberikan motivasi tersendiri bagi kami untuk terus meningkatkan performa penjualan kedepannya. Capaian tersebut dapat diraih atas dukungan masyarakat yang terus membantu kami untuk selalu tumbuh.”

Namun Tsuchida juga mengakui, masih banyak target yang harus dicapai. Ia juga memastikan akan memberikan yang terbaik untuk konsumen Mitsubishi. “Kami berharap performa penjualan retail kami dan juga kepuasan konsumen dapat terus tumbuh secara signifikan di sepanjang tahun 2023 ini,” tegasnya.

Waktunya Model Baru

Tentu, MMKSI akan melakukan banyak hal untuk memperluas pangsa pasarnya, sambil menambah angka jualan. Kalau diperhatikan, model Mitsubishi di Indonesia sepertinya tidak berkembang. Yang ada menyusut. 

Mitsubishi XFC Concept

Dulu ada Mitsubishi Delica, Mirage atau Outlander Sport dan Eclipse Cross. Sekarang tinggal yang disebutkan di atas tadi. Rumor yang beredar di IIMS 2023, mereka sebetulnya punya satu model baru berbasis XFC Concept. Meski sumber kami tidak menunjukan gambarnya, tapi mobil baru ini akan masuk jalur produksi tahun 2023. 

Mitsubishi akan membawa mobil baru ini untuk bertempur di kelas compact SUV, sekelas Hyundai Creta atau Honda HR-V. 

Baca juga :  SOG Purwakarta Mau Beri Dampak Positif Bagi Masyarakat

 

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x