Ada Nissan Juke dan Toyota Vios di Lembar Mata Uang Kamboja

27 November 2022 | 6:46 am | Rizky Dermawan

Tak hanya perangko, uang kertas kerap tampil dengan gambar yang khas dan unik. Umumnya para engraver (perancang gambar mata uang dan perangko) menampilkan sosok tokoh ternama atau pemimpin negara, tanaman atau hewan khas, bangunan, situs bersejarah maupun lokasi pemandangan alam yang ada di masing-masing negara yang bersangkutan. Tapi Kamboja menampilkan Nissan Juke.

Pada uang kertas pecahan 500 Riel Kamboja yang nilai kursnya setara Rp 1.890,- (1 Riel = Rp 3,78,- ) terlihat sketsa pemandangan sejumlah mobil yang sedang melintasi jembatan Kizuna di provinsi Kampong Cham.

Jembatan yang membentang sepanjang 1.500 m membelah sungai Mekong ini diresmikan pada tahun 2001 dan menjadi ikon pembangunan infrastruktur modern negara Kamboja.

Namun bukan cuma jembatan yang jadi sorotan. Ada sosok sketsa mobil pada uang kertas tersebut dan membuat penasaran. Saat dicermati, terlihat bagian buritan dari crossover Nissan Juke yang sedang melintasi jembatan Kizuna. Tak salah lagi, desain lampu belakang dan bentuk bodynya sangat khas.

Mata uang kertas pecahan 500 Riel ini diterbitkan pada tahun 2014, empat tahun setelah Nissan Juke mulai dipasarkan di Kamboja. Dan saat pertamakali hadir di Kamboja, Juke dengan desainnya yang memang unik dan menggemaskan berhasil menyedot perhatian konsumen di negara tersebut.

Sementara pada lajur yang berlawanan terlihat sebuah sedan yang tampilan depannya mirip dengan sosok Toyota Vios atau mungkin Corolla Altis. Di belakangnya terlihat sebuah truk box yang sedikit mirip dengan Isuzu Elf. Ya, sosok kendaraan yang ditampilkan tersebut sangat populer, bahkan cukup laris di Kamboja.

Baca juga :  Skuteris Dunia Bersiap Untuk Vespa World Days 2024

Nampaknya jembatan Kizuna dan mobil yang ditampilkan pada lembar uang kertas ini menjadi gambaran dari pembangunan infrastruktur dan perekonomian negara Kamboja yang terus tumbuh dan berkembang. Hmm…uang kertas yang layak untuk dikoleksi.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x