Alfa Romeo Giulia SWB Zagato Yang Tiada Duanya

26 December 2022 | 7:31 am | Rizky Dermawan

Misteri unggahan cuplikan foto Alfa Romeo Giulia SWB hasil garapan Zagato pun akhirnya terkuak.

Mobil edisi khusus yang digarap bersama sejak tahun 2021 ini bertepatan dengan perayaan 100 tahun kerjasama antara pabrikan Alfa Romeo dengan biro desain dan karoseri Zagato. Kemitraan antara kedua legenda industri otomotif Italia ini berawal dari mobil Tipo G1 yang dibuat pada tahun 1921 silam.

Penggarapan proyek mobil istimewa ini dilakukan oleh Zagato dengan dukungan Alejandro Mesonero, the head of Centro Stile Alfa Romeo beserta seluruh teknisi dan desainer dari Alfa Romeo. Sebuah Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio pun digunakan sebagai basis donor proyek ini. Sasis dan konstruksi body mobil ini pun dirombak total dan disesuaikan dengan spek GTAm.

Ya, dari sebuah sedan sport disulap menjadi coupe 2-pintu dengan wheelbase pendek. Mesin V6 biturbo berkapasitas 2.9-liter bertenaga 533 hp dengan torsi 600 Nm disetting sesuai spek GTAm.

Penyaluran performa ke poros roda belakang tetap dipercayakan pada transmisi manual 6-speed lansiran ZF bawaan Giulia Quadrifoglio. Hanya butuh kisaran 3 detik untuk melesat hingga 100 km/jam.

Eksterior Bergaya Agresif Nan Brutal

Meskipun cukup banyak komponen maupun desain yang dicuplik dari Giulia dan Stelvio, namun desain body mobil ini benar-benar berbeda.

Tampilan depan mobil ini begitu garang dan agresif khas mobil sport Italia. Grille scudetto berukuran besar diapit oleh headlamp LED yang  diadopsi dari Alfa Romeo Tonale. Pada grille tersamar gambar “Biscione”, simbol khas Alfa Romeo.

Baca juga :  All New Honda BeAT, Lebih Segar dan Lebih Aman

Bumper depan tampil dengan lubang air intake berukuran besar ala Alfa Romeo GTAm di sisi kiri dan kanan grille serta air splitter berbahan serat karbon. Bonnet berotot dengan air scope berukuran besar di bagian tengah pun kian memperkental karakter sport pada mobil ini. Ya, wajahnya yang terlihat brutal ini bagaikan perpaduan dari dari Alfa Romeo SZ (Sprint Zagato) era ’90an dengan Alfa Romeo Montreal era ’70an.

Atap kabin rendah dengan punggung bergaya fastback terlihat serasi dengan lekuk body sampingnya yang kekar berotot. Bagian buritan super pendek dengan lekukan khas bergaya Kamm-tail yang terinspirasi dari mobil balap legendaris Alfa Romeo TZ (Tubolare Zagato) dihiasi lampu belakang LED model garis nan minimalis. Desain sirip diffuser pada bumper belakang pun diadopsi dari GTAm.

Sebagai pemanis sekaligus penopang body, mobil ini dibekali velg alloy 5-spoke center-lock berkelir silver yang menyembunyikan kaliper rem cakram berkelir kuning yang seluruhnya diadopsi dari GTAm.

Interior Sportscar Khas Italia

Desain eksterior yang membuat mata anda terbelakak hanyalah 50 persen dari karisma yang disematkan pada mobil ini. Masuk ke dalam kokpit, anda akan melihat tampilan interior layaknya sebuah sportscar khas Italia.

Dasbor berbahan serat karbon yang dicuplik dari Giulia dipadukan dengan balutan kulit warna hitam plus aksen berkelir Montreal Green senada warna body. Panel interior memadukan nuansa serat karbon dengan balutan kulit warna hitam.

Baca juga :  Purnajual Tiggo 5X Diklaim Sudah Siap di Seluruh Dealer Chery

Pada dasbor terpasang sebuah layar digital multimedia berukuran besar di atas lubang ventilasi udara. Sementara di balik setir terpampang panel instrument bergaya “Cannocchiale” (teropong binokular) khas Alfa Romeo yang memadukan tampilan panel analog dan digital.

Setir model sport berbalut kulit warna hitam dilengkapi dengan tombol multifungsi termasuk tombol start-stop. Tuas transmisi berwarna aluminium diadopsi dari Giulia. Sementara jok sport dibuat khusus oleh Zagato.

Mobil Spesial Yang Tiada Duanya

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Alfa Romeo Giulia SWB Zagato berkelir Montreal Green ini dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas. Ya, hanya satu unit saja dan merupakan milik seorang kolektor mobil Alfa Romeo serta Zagato asal Jerman.

Isi garasinya jangan ditanya, hampir seluruh model Alfa Romeo maupun Zagato berstatus super langka maupun nyaris punah ada dalam daftar koleksinya. Edaaan…!

Para kolektor Alfa Romeo maupun Zagato, termasuk Anda, nampaknya harus gigit jari. Jadi, lupakan hasrat untuk memilikinya. Benar-benar mobil yang tiada duanya, dalam artian yang sebenarnya.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x