Alfa Romeo Stradale 33 Diperkenalkan, Hanya ada 33 Unit!

31 August 2023 | 11:02 am | Indra Alfarisy

Alfa Romeo Stradale 33 adalah supercar pertama buatan pabrikan Italia itu, yang unik, bukan cuma dibuat terbatas tapi opsi penggeraknya antara mesin V6 atau full EV. Tidak kalah penting, kemungkinan besar inilah mobil terakhir mereka yang akan menggunakan mesin konvensional. Setelah 2024, semua produknya akan kendaraan dengan elektrifikasi.

Kemampuannya sama-sama menakjubkan. Stradale 33 V6 berkapasitas 3,0 liter dengan imbuhan twin-turbocharger. Bukan mesin baru memang, karena penggerak yang dikembangkan bersama Ferrari ini sudah terpasang di keluarga Quadrifoglio.

Tenaga yang dihasilkan diklaim 620 hp yang disalurkan melalui transmisi 8-speed DCT otomatis. Sprint 0-100 km/jam diselesaikan dalam waktu kurang dari tiga detik. Sementara kecepatan tertingginya adalah 331 km/jam.

Sementara Alfa Romeo Stradale 33 EV, detail spesifikasinya belum diungkap oleh mereka. Namun dipastikan tenaganya menyentuh 750 hp, 0-100 km/jam dalam 2,5 detik dan jarak tempuh tidak kurang dari 450 km. Sekali lagi, belum diketahui seperti apa format penggeraknya.

Desain & Produksi

Supercar Alfa Romeo

Supercar ini berdiri di atas platform carbon fiber yang serupa dengan Maserati MC20. Tapi kami harus akui, mobil ini bentuknya indah. Alfa Romeo mengambil ide dari mobil Tipo 33, sportscar yang hadir pada November 1967. Coba perhatikan lekukannya. Mulus.

Pintunya model kupu-kupu (butterfly door), memberikan akses untuk kabin yang tidak kalah enak dilihat. Konsol tengah dashboard diisi oleh kenop dan tombol bernuansa klasik. Selain display infotainment dan instrument cluster yang modern, perhatikan setirnya. Tidak ada tombol sekalin mungkin klakson. Ini dikatakan untuk menciptakan kesenagan berkendara yang lebih murni.

Baca juga :  Harga VinFast VF 5 di Indonesia Sudah Resmi Nih!

Alfa Romeo akan mulai proses perakitan pada Juli 2024 dan akan diserahkan ke pelanggan mulai Desember tahun depan. Pembelinya bisa melakukan personalisasi untuk fitur dan kelengkapan melalui program yang disebut The Bottega. Harganya? Belum diumumkan tapi rumornya sekitar US $2,8 juta. Rumornya.

Sementara itu, finalisasi sebelum produksi masih berlangsung di pusat pengembagan mereka. Pembalap F1 dari tim Alfa Romeo, Valteri Bottas akan turut serta menguji mobil ini di sirkuit uji Balocco Proving Ground.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x