Alfa Romeo Tonale Jadi Mobil Polisi

6 December 2023 | 6:17 pm | Rizky Dermawan

SUV Alfa Romeo Tonale saat ini tengah menjadi pilihan utama sebagai kendaraan operasional instansi aparat penegak hukum Italia. Tak sekadar bentuk rasa cinta terhadap produk dalam negeri. Tapi compact SUV bermesin hybrid ini kemampuannya memang dapat diandalkan.

Sebanyak 400 unit Alfa Romeo Tonale akan memperkuat armada patroli reaksi cepat “Gazelle” Carabinieri di seantero Italia. Unitnya diserahkan secara bertahap sejak Juli 2023 hingga akhir tahun 2024 mendatang.

Langkah yang dilakukan Polisi Militer Italia, Carabinieri diikuti oleh Polizia di Stato (Kepolisian Negara Italia). Tak tanggung-tanggung, jumlah yang dipesan lebih banyak yakni 850 unit.

Tonale nantinya akan menjadi bagian dari armada patroli “Pantera”, unit reaksi cepat Squadra Volante dari Polizia di Stato yang akan disebar ke seluruh Italia. Apa yang membedakan dari Tonale milik Carabinieri?

Sesuai Kondisi Geografis

Kondisi geografis Italia dikelilingi dataran tinggi dan pegunungan serta memiliki daerah pedesaan yang cukup banyak. Untuk memudahkan patroli di wilayah tersebut, butuh kendaraan serbaguna yang mampu melintasi berbagai kondisi jalan yakni SUV.

Bentuk dan dimensinya yang cukup ringkas membuat Tonale dapat melitasi jalan raya dalam kota di Italia yang sempit dan padat. Tak heran jika Tonale jadi pilihan yang pas.

Tonale dibekali mesin bensin 1.5-liter bermodul mild hybrid 48V plus motor elektrik 20 hp (15 kW). Output total sebesar 163 hp disalurkan ke poros roda depan via transmisi automatic kopling ganda 7-speed TCT.

Baca juga :  NMAA Undang Para Builder Otomotif Tampilkan Kreasinya

Speknya sama seperti Tonale versi Carabinieri dan model sipil yang dipasarkan di Italia. Tonale bermesin mild hybrid ini akselerasi 0-100 km/jam butuh waktu 8,8 detik. Mobil ini memang untuk patroli di dalam kota dan wilayah pedesaan, bukan mengejar penjahat yang ngebut melarikan diri di jalan tol. Jadi tak perlu super kencang.

Mobil Baru, Livery Baru

Serah terima unit perdana dilakukan di Turin, Italia pada 29 November 2023 lalu. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh CEO Alfa Romeo, Jean-Philippe Imparato kepada Kepala Kepolisian Negara Italia, Vittorio Pisani dengan disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri Italia, Matteo Piantedosi dan Managing Director of Stellantis Italia, Santo Ficili.

Seluruh unit kendaraan patroli tersebut akan diserahkan paling cepat pada pertengahan tahun 2024.

Berbeda dengan versi Carabinieri yang dilabur livery biru gelap plus striping petir warna merah. Alfa Romeo Tonale versi Polizia di Stato tampil dengan kombinasi warna biru muda dan putih. Ini adalah livery model terbaru. Sama seperti pada Lamborghini Huracan dan Gallardo unit patroli reaksi cepat polisi Italia.

Seperti halnya Tonale yang digunakan oleh Carabinieri, mobil patroli polisi ini juga dilengkapi proteksi balistik. Ya, mobil ini tahan tembakan peluru maupun aksi vandalisme seperti lemparan batu, hantaman palu, linggis atau stik baseball.

Seperti mobil patroli polisi pada umumnya, lampu strobo warna biru tersemat di sisi kiri dan kanan grille Scudetto yang ikonik. Kelengkapan lain seperti sirene, radio CB serta peralatan penunjang tugas penegakan hukum lainnya juga turut dibekalkan pada mobil ini.

Baca juga :  BRZIKO Lahir dan Siap 'Sliding'!

Mobil ini dilengkapi teknologi sistem multimedia “Mercurio Extended” yang terintegrasi dengan sistem navigasi serta pusat layanan pesan singkat laporan dan keluhan masyarakat.

Identifikasi plat nomor kendaraan maupun daftar kepolisian lainnya pun dapat diakses dengan cepat. Sistem tersebut kian memudahkan petugas saat tengah berpatroli.

Alfa Romeo Tonale tak sekadar menjadi mobil patroli polisi Italia yang keren dan modern. Ini adalah wujud dari era baru Kepolisian Negara Italia.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x