Sosok All New Mazda CX-5 memang sudah mulai terlihat sejak bulan Juli 2025 silam. Meski sudah penasaran lagi, kami begitu penasaran dengan wujud aslinya. Harapan tersebut ternyata tuntas saat kami melesat ke Jepang, di penghujung bulan Oktober ini. Mazda CX-5 generasi ketiga ini akhirnya melakukan debutnya di Japan Mobility Show 2025.
Kehadiran All New Mazda CX-5 begitu dinantikan oleh banyak orang. Di pasar global, Mazda CX-5 tetap punya fans tersendiri. Sejak muncul pertama kali pada tahun 2011, Sport Utility Vehicle (SUV) medium ini telah terjual lebih dari 4,5 juta unit di berbagai negara, tak terkecuali di pasar Indonesia.

Jika secara sekilas melihat mobil ini, maka terkesan serupa dengan CX-5 generasi sebelumnya. Namun anggapan itu tidak tepat, sebab dimensinya lebih besar. Ubahan tampilan yang paling terlihat adalah pada area depan. Grille khas Mazda pada CX-5, kini berukuran sedikit lebih lebar dari sebelumnya. Dengan aksen krom tipis pada frame, sehingga terlihat lebih kokoh. Headlamp LED model baru dirancang lebih meruncing dan bersudut tajam.
Dimensi Semakin Besar
Bumper depan pun kini ukurannya lebih besar dan makin menonjol ke depan. Lubang air intake pada bumper depan pun kini ukurannya sedikit lebih besar dan bentuknya mengalami ubahan.
Pada bagian samping pun lekuk bodi makin aerodinamis dan seolah mengalir dari depan hingga buritan. Fender depan dan pinggul nampak lebih kekar. Jika dilihat dari samping, terlihat jelas bahwa bagian bodi bagian depan, lalu bagian atap mulai pilar A hingga bodi belakang, benar-benar rancangan baru.

Bagian buritan pun mengalami ubahan cukup banyak. Logo pada bagian belakang kini digantikan tulisan MAZDA di pintu bagasi. Dimensi All New Mazda CX-5 bertambah bongsor. Panjangnya 4.690 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.695 mm. Panjang bodi kini bertambah 114 mm dari model sebelumnya. Bodi pun kini lebih lebar 15 mm.
Masuk dan Keluar Bebas Kendala
Untuk memudahkan akses muat barang di bagasi, pintu belakang pun mengalami revisi teknis. Bukaan pintu belakang kini lebih lebar. Kursi belakang pun kini dapat dilipat dengan konfigurasi 40:20:40. Kapasitas bagasi kini bertambah 61 liter, sehingga menjadi 583 liter.
Tak hanya sebatas pada eksterior, kemasan interior pun diracik ulang. Kabin CX-5 kini punya ruang kaki dan batas kepala yang lebih lapang. Bukaan pintu kabin pun kini lebih lebar. Hasilnya akses masuk dan keluar penumpang juga makin leluasa.

Pada dashboard terdapat layar head unit yang kini lebih besar. Dari semula berukuran 10.3-inci menjadi 12.9-inci, bahkan tersedia opsi layar 15.6-inci. Sistem multimedia terpadu pada CX-5 kini dilengkapi software Google. Beragam aplikasi seperti Google Maps, maupun Google Play jadi fitur standard.
Masih Setia Dengan Unit Skyactiv G
Di balik kemudi terpampang layar instrumen digital 10.25 inci. Yang mengejutkan adalah sejumlah tombol fisik pada dashboard kini dihilangkan. Seluruh kendali fitur audah terintegrasi pada sistem infotaintment. Jadi pengoperasian fitur harus dilakukan via layar sentuh.

All New Mazda CX-5 ternyata masih menggunakan mesin Skyactiv G berkapasitas 2.5 liter tanpa turbo yang dipadukan dengan sistem mild hybrid M Hybrid. Mesin ini juga digunakan pada CX-5 sama seperti pada Mazda 3 dan CX-30, hanya saja konsumsi BBM diklaim lebih irit. Output tenaga mencapai 187 hp dan torsi puncak 251 Nm.
Jika sempat ada dugaan bahwa mobil ini bakal mengusung mesin Skyactiv Z, nampaknya kurang sasaran. Karena pihak Mazda masih terus menyempurnakan mesin tersebut, hingga siap diaplikasi pada tahun 2027. Bukan tidak mungkin, nantinya CX-5 akan menjadi produk Mazda yang menggunakan mesin Skyactiv Z di masa depan. Kapan masuk pasar Tanah Air? Rasa-rasanya baru mulai tersedia pada tahun 2026 nanti.