All-New Suzuki Swift Generasi 4 Intip Pasar Inggris

7 December 2023 | 2:42 pm | Rizky Dermawan

Selama 20 tahun beredar di pasar global, Suzuki Swift telah terjual lebih dari 9 juta unit. Tak sampai sebulan setelah debut perdana di Jepang, kini all-new Suzuki Swift generasi keempat diperkenalkan di Inggris. Generasi terbaru ini menggantikan Swift sebelumnya yang telah beredar selama 7 tahun. 

Tampilan eksterior all-new Swift yang diperkenalkan Suzuki di Jepang dalam event Japan Mobility Show beberapa waktu lalu tak berbeda dengan versi Eropa.

Ada warna eksterior baru yang bakal ditawarkan yakni Coll Yellow Metallic dan Frontier Blue Pearl Metallic. Akan tersedia delapan pilihan warna single tone plus 4 opsi warna dual tone.

Untuk interior terdapat sedikit ubahan desain. Layar head unit sistem infotaintment tak lagi tertanam di dalam dashboard seperti pada model generasi terdahulu. Gantinya kini menggunakan layar sentuh model tablet berukuran 9-inci yang terpasang di atas dashboard.

Pengaturan hawa kabin dan AC yang terletak persis di bawah sirip ventilasi udara pada bagian tengah dashboard. Terlihat klimis dan enak dilihat. Tak lagi menggunakan kenop putar. Desain setir pun mengalami ubahan.

Fitur Lebih Lengkap

Suzuki membekali all-new Swift dengan beragam fitur keselamatan yang cukup lengkap. Mulai dari lane-keeping assistance, rear-cross traffic alert, traffic sign recognition, hingga adaptive cruise control.

Nah, satu fitur terbaru yang dibekalkan adalah Dual Sensor Brake Support II. Fitur penunjang sistem pengereman ini mengintegrasikan kinerja sensor radar pendeteksi dan kamera.

Baca juga :  Mitsubishi Lancer Milik Saber Bergrafis Batik Hokokai di OAM 2024

Sistem tak hanya memberi peringatan kepada pengemudi. Rem akan bekerja otomatis bilamana pengemudi telat menginjak rem saat terdeteksi ada pejalan kaki, pesepeda atau mobil lain yang jaraknya terlampau dekat dan berisiko tertabrak. Meskipun mengerem secara otomatis, tapi rem tidak menyentak. Setidaknya cukup untuk mengingatkan agar pengemudi segera menginjak rem. 

Soal fitur multimedia pun tak lupa dibenahi. Selain dibekali fitur voice recognition, koneksi nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto serta Bluetooth jadi fitur pemanja para pengguna ponsel pintar.

Mesin Rendah Emisi 

Suzuki memang masih memproduksi mobil bermesin motor bakar. Namun demikian sudah dilengkapi motor elektrik mild hybrid yang hemat BBM dan rendah emisi gas buang sesuai standar emisi yang kian ketat.

Hal ini pun diterapkan pada Swift terbaru. Mesin bensin 3-silinder 1.2-liter berkode Z12E yang dibekalkan output tenaganya diperkirakan hanya 82 hp. Tak besar memang, namun ini adalah mesin generasi terbaru dan sudah dilengkapi modul mild hybrid seperti pada Suzuki Ertiga Hybrid.

Tak hanya tersedia dengan sistem penggerak roda depan (FWD). Swift juga memiliki opsi penggerak all-wheel drive Suzuki Allgrip Auto.

Swift untuk pasar Jepang sementara hanya tersedia variant bertransmisi CVT. Versi transmisi manual 5-speed akan menyusul kemudian. Untuk pasar Uni Eropa dan Inggris pun nampaknya demikian.

Masih belum diumumkan berapa harga jual all-new Swift dan varian trim apa saja yang akan tersedia. Saat ini masih tahap perkenalan, karena all-new Swift baru resmi dipasarkan di Inggris dan Eropa pada pertengahan tahun depan.

Baca juga :  Armor All Wipes Ramah Lingkungan Punya Wajah Baru

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x