Apes, Mobil Baru Lancia Ketahuan Setelah Tercebur Ke Kali

15 December 2023 | 8:15 am | Indra Alfarisy

Biasanya, kami mengetahui kehadiran mobil baru melalui spyshot yang bocor di media online. Dan biasanya kebocoran informasi seperti itu, bikin para petinggi otomotif gundah. Tapi kali ini, harus diakui, sangat konyol. Pabrikan mobil Italia, Lancia mengumumkan mereka akan mengeluarkan mobil baru, Lancia Ypsilon sejak November lalu. Dan cara jurnalis mengetahui bentuk pastinya sangat spektakuler.

Lancia Ypsilon adalah salah satu mobil compact yang populer di Italia. Hadir pertama kali tahun 1995 dan baru muncul dalam tiga generasi. Model yang beredar sekarang, diluncurkan pada 2011. Facellift terakhir tahun 2021 lalu.

Lancia yang berada di bawah kekuasaan Stellantis, berencana mengeluarkan generasi terbaru Februari nanti, dalam format penggerak listrik (EV) dan hybrid. Apes, 12 Desember lalu bentuk yang dirahasiakan malah ketahuan setelah pencuri menggasak prototype Ypsilon dari salah satu fasilitas perakitan Stellantis di Perancis.

mobil baru Lancia Ypsilon EV dan Hybrid

Bentuk Ypsilon EV langsung ketahuan setelah sang maling menceburkan mobilnya ke kanal di kota Montbeliard. Regu penolong dari Damkar setempat dikerahkan untuk mengeluarkan mobil. Ya sudah, semua orang akhirnya melihat mobilnya. Meskipun hanya dari belakang.

Basis Peugeot

Satu hari setelah kejadian tersebut, Lancia mengeluarkan gambar teaser untuk mobil ini. Mungkin untuk mengalihkan perhatian. Namun beberapa informasi pasti sudah tersedia. Salah satunya adalah, berbagi platform dengan beberapa produk Stellantis.

Baca juga :  Movement Saber Great of Indonesia Dapat Sorotan di Osaka

Lancia Ypsilon EV mengambil basis E-CMP yang dipakai oleh Peugeot 208 dan Opel Corsa. Generasi sebelumnya, dibangun diatas fondasi Fiat 500.

Menurut Lancia, 40.000 unit terjual di tahun 2022 lalu, di pasar Itali. Melihat kesuksesan tersebut, Stellantis memutuskan mobil baru Lancia Ypsilon EV dan Hybrid terbaru akan dijual di seluruh Eropa.

Sumber: L’Est R√©publicain

4 3 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x