Asics Luncurkan Sepatu Sneakers Berbahan Kain Airbag

10 February 2023 | 7:23 pm | Rizky Dermawan

Kain bekas airbag yang telah diletupkan digunakan sebagai bahan baku fashion? Hmm…ide yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Meski begitu, dua perusahaan asal Jepang  berkolaborasi guna memberdayakan kembali kain limbah bekas airbag ini.

Kain limbah airbag yang dipasok oleh Toyoda Gosei dimanfaatkan kembali sebagai bahan baku pembuatan sepatu olah raga yang digarap oleh Asics. Anda tentu cukup familar dengan merek ini bukan?

Susah Didapat

Berdasarkan keterangan dari Toyoda Gosei, kain airbag termasuk yang sangat sulit untuk didaur ulang. Tak hanya airbag yang telah diletupkan saja, namun juga kain potongan sisa pembuatan airbag. Material tersebut biasanya dicincang lalu dimusnahkan.

Toyoda Gosei Co.,Ltd yang didirikan sejak tahun 1949 merupakan pemasok komponen kendaraan bermotor, khususnya mobil dan truk. Anak perusahaan dari Toyota Group ini merupakan satu-satunya yang menggunakan nama keluarga Toyoda. Tak hanya memasok komponen bagi Toyota, namun juga kepada pabrikan otomotif lainnya yang ada dalam Toyota Group.

Pemanfaatan Kembali Kain Limbah Airbag

Hasil riset pemberdayaan kain limbah airbag pun diwujudkan oleh Asics dalam model sepatu sneakers terbaru mereka yakni GEL Sonoma 15-50.

Kain berwarna putih dengan garis merah pada lapisan atas sepatu ini terbuat dari kain potongan airbag. Kain-kain ini diperoleh dari mobil prototype yang airbagnya telah diletupkan dalam pengujian benturan.

Baca juga :  Vladimir Putin Dihadiahkan Limosin Aurus Senat Versi Terbaru

Pada sol lapisan dalam sepatu GEL Sonoma 15-50 tersebut Asics pun mengimbuhkan ilustrasi gambar kinerja letupan airbag. 

Dengan adanya kolaborasi yang dilakukan oleh Asics dan Toyoda Gosei, airbag bekas pakai tersebut kini dapat digunakan kembali sebagai bahan baku sepatu sneakers dan tak lagi dimusnahkan.

Sneakers airbag Asics GEL Sonoma 15-50 ini telah dipasarkan di Jepang mulai 26 Januari 2023 lalu. Tersedia berbagai ukuran dengan harga $128 atau sekitar Rp 1,9 jutaan.

Meskipun Asics GEL Sonoma 15-50 versi non airbag telah dipasarkan di AS, namun belum ada kepastian apakah versi airbag juga akan beredar di sana.

Pemanfaatan kembali kain limbah airbag sebagai bahan baku fashion terutama sepatu olahraga merupakan hal baru. Apa yang dilakukan oleh Asics tentunya sangat membantu Toyoda Gosei dalam mengurangi limbah kain airbag yang sulit didaur ulang tersebut. Tak lagi menjadi limbah, namun kain airbag kini memiliki nilai ekonomis. Keren bukan…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x