Aston Martin Valour Bergaya Mustang GT

14 July 2023 | 1:30 pm | Rizky Dermawan

Pabrikan mobil asal Inggris, Aston Martin tahun ini genap berusia 110 tahun. Event bergengsi Goodwood Festival of Speed yang saat ini tengah berlangsung di Inggris pun jadi momen peluncuran model terbaru mereka, Aston Martin Valour. Apakah ini mobil yang sangat istimewa?

Mirip Vantage…Atau Mustang GT?

“Valour mewakili citra baru dari Aston Martin. Sebuah ikon modern yang digarap secara kontemporer.” papar Aston Martin Executive Chairman, Lawrence Stroll.

Dari segi tampilan eksterior, pihak pabrikan mengklaim desain yang disematkan sebagian dicuplik dari V8 Vantage. Namun bagi kami justru bagai gabungan sejumlah model Ford Mustang GT. Bagaimana, mirip bukan?

Panel body berbahan serat karbon dihiasi lubang intake besar berbentuk ladam kuda dan corong udara NACA pada bonnetnya. Di sisi kiri dan kanan grille berukuran lebar terpasang headlamp LED model bundar. Makin terlihat mirip Mustang GT?

Garis body yang aerodinamis dipadukan dengan fender kekar dan atap kokpit model ‘double-bubble’.

Saat melihat sirip exoblades pada kaca belakangnya dan buntut model “Kamm tail”, sungguh bernuansa Mustang GT.

Tiga laras exhaust yang tersembul di sela sirip diffuser belakang sedikit membedakan gayanya dari Vantage.

Salah satu detail yang cukup memikat yakni velg forged alloy 21-inci berbalut ban Michelin Pilot Sport S 5.

Baca juga :  Suzuki India Capai Jumlah Produksi 30 Juta Unit

Dibalik velg berdesain sarang lebah yang unik tersembunyi cakram rem karbon-keramik berukuran 410 mm pada roda depan dan 360 mm untuk roda belakang.

Seluruh sistem kemudi dan suspensi yang dibekalkan Aston Martin pada Valour benar-benar baru dan berbeda dari model yang lainnya. Khusus dibuat hanya untuk Valour. Pasalnya, rancang bangun body dan sasis mobil ini pun unik dan berbeda dari model lainnya. Jadi jelas sudah jika mobil ini memang digarap secara khusus.

Interior Bergaya Neo-Retro

Meskipun saat masuk ke kokpit gaya dan layout interiornya terlihat sangat Vantage, namun terdapat sejumlah perbedaan. Desain ventilasi udara pada dashboard lebih minimalis dari Vantage.

Tampilan dan bentuk konsol tengah pun disesuaikan dengan girboks manual 6-speed yang terpasang di bawahnya. Desain tuas serta kolom transmisi yang memadukan elemen metal dan kayu terlihat unik dan mewah.

Material serat karbon pada jok dan panel pintunya umum digunakan pada mobil sport modern. Hanya saja jok sport Valour dihiasi bahan rajutan wool seperti pada mobil balap Aston Martin DBR1 yang menjuarai balap Le Mans tahun 1959. Gaya tampilan yang eksentrik dan unik.

Lebih Bertenaga Dari Vantage

Apa yang tersembunyi di balik kap mesin Valour yang unik membuat kami penasaran. Tak disebutkan apakah mesin yang digunakan diadopsi dari Vantage atau benar-benar mesin baru. Hanya dikatakan bahwa Valour mengusung mesin V12 twin-turbo 5.2-liter.

Baca juga :  GAC Aion Hyper SSR Bakal Menginvasi Pasar Hypercar Eropa?

Dibandingkan dengan mesin V12 milik Vantage, torsi maksimumnya sama yakni 753 Nm. Namun output tenaga mesin Valour lebih besar yakni 705 hp. Vantage hanya 690 hp.

Penyaluran daya ke poros roda belakang diolah via transmisi manual 6-speed dan limited-slip differential.

Tiga pilihan mode berkendara Sport, Sport+, dan Track yang tersedia menghasilkan efek yang berbeda. Mulai dari respon performa hingga alunan nada yang dihasilkan berbeda satu sama lain.

Sayangnya, tak disebutkan berapa catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam dari Valour. Entah apakah lebih cepat atau lebih lambat dari V12 Vantage yang hanya butuh waktu 3,4 detik. Demikian pula dengan kecepatan maksimumnya. Apakah Valour lebih kencang dari V12 Vantage yang mampu menembus 322 km/jam?

Hanya ada 110 unit Valour yang akan dikirim kepada para pemesan mulai penghujung tahun ini. Tak hanya jumlahnya yang sangat terbatas, Valour terlahir di momen yang sangat bersejarah bagi Aston Martin. Hmm… dapat dipastikan Valour bakal jadi incaran para kolektor.

Happy 110th Anniversary Aston Martin.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x