Atlas APC: Kendaraan Taktis Harian Untuk Anda Atau Paspampres

2 March 2024 | 5:00 pm | Rizky Dermawan

Kendaraan taktis umumnya hanya digunakan satuan militer. Namun kini sudah ada beberapa perusahaan yang memproduksi “versi sipil” yang bisa digunakan sebagai kendaraan harian. Salah satunya yakni Atlas APC (Armored Personel Carrier) buatan Goat Tactical Vehicles USA. 

Desain tampilan Atlas APC sepintas mirip kendaraan tempur taktis (rantis) Oshkosh JLTV (Joint Light Tactical Vehicle) yang digunakan Angkatan Darat dan Korps Marinir AS sebagai pengganti Humvee di medan perang. 

Dengan panjang 6,3 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 2,8 m, Atlas APC memang sangat bongsor.  Jarak ground clearancenya yang 340 mm dijamin aman menerabas banjir atau melintasi medan terjal.

Aman Dalam Arti Sesungguhnya

Panel bodi termasuk pelindung mesin dan radiator terbuat dari baja dengan lapisan proteksi balistik level B6. Bahkan bisa upgrade ke level B7 yang mampu menahan hantaman RPG! Kaca kebal peluru tebalnya 3-inci atau setebal buku telepon Yellow Pages! Makanya bobot kosongnya mencapai 7.800 kg.

Seluruh pintu dilengkapi pengunci otomatis dan dijamin sulit dicongkel maling. Ban run-flat tire (RFT) kebal peluru juga jadi kelengkapan standar. 

Bisa Disesuaikan

Mobil ini basisnya pickup truck Ford F-550. Dashboardnya pun dari pickup truck Ford F-series. Kabinnya sangat lapang dan mampu memuat hingga selusin penumpang. Tergantung konfigurasi interior yang diinginkan konsumen.

Baca juga :  Mudik 2024: Bengkel Siaga Ford Layani Model Fiesta Hingga Ranger

Jika jok belakang dilepas, ruang kargonya mampu memuat hingga 1,5 ton. Tersedia juga opsi VIP. Mulai dari panel interior dan jok model lounge berlapis kulit hingga perabot ala limousine. 

Pasti Boros

Di atas sasisnya yang diadopsi dari Ford F-550 Super Duty, terpasang mesin diesel 6.7-liter V8. Output tenaganya memang cuma 330 hp. Tapi torsi maksimumnya yang 1.017 Nm sungguh ganas!

Penyaluran tenaga dan torsi ke poros roda dipercayakan pada transmisi automatic 10-speed dan penggerak all-wheel drive (AWD).

Karena bobotnya berat, jadi dapat dimaklumi konsumsi BBM-nya rata-rata sekitar 4,4 km/liter. Tapi, tangki BBM yang dibekalkan mampu menampung 147,4 liter solar. Dengan membawa beban penuh, Atlas APC dilaim dapat menempuh jarak 644 km

Harganya, yang termurah yakni Tactical Configuration seperti yang kami tampilkan, mulai dari $395,000. Kurang lebih sekitar Rp 6,2 milyar. 

 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x