Audi Suguhkan Konser V8 Terbaru: RS6 dan RS7 Performance

1 December 2022 | 8:01 pm | Rizky Dermawan

Rencana Audi untuk beralih sepenuhnya ke produksi mobil listrik masih lama yakni tahun 2026. Jadi, para pecinta raungan mesin turbo racikan Ingolstadt masih dapat menikmati model mobil terbaru dari brand otomotif asal Jerman ini.

Tak hanya melansir satu model baru, tapi dua model sekaligus yakni RS6 dan RS7 dengan imbuhan titel Performance. Keduanya merupakan derivatif dari model super estate RS6 Avant dan hot hatch RS7 Sportback. Sejumlah upgrade pun disematkan. Hmm… jadi bikin penasaran.

Audi Sport meramu ulang mesin 4-liter V8 twin-turbo yang diusung RS6 dan RS7. Output tenaga meningkat dari 592 hp menjadi 621 hp. Muntahan torsi maksimum yang sebelumnya di angka 800 Nm pun didongkrak lagi hingga menjadi 850 Nm! Boost pada perangkat turbo gandanya pun dikoreksi dari 2.4 bar menjadi 2.6 bar.

Lapisan peredam suara pada firewall antara kabin dan ruang mesin pun dikurangi, sehingga Anda dapat menikmati konser V8 secara paripurna. Ganas! Hasil racikan ulang Audi Sport pun cukup greget. Akselerasi 0-100 km/jam kini menjadi 3,4 detik. Hanya sekedip mata di belakang M5 Competition. Ya, cuma beda 0,1 detik.

Transmisi automatic 8-speed tak mengalami ubahan baik software maupun rasio gigi. Pengerak AWD quattro pun tak mengalami ubahan setting. Hanya saja, Audi Sport membekalkan paket RS Dynamic sebagai fitur standar yang meliputi kalibrasi ulang pada rear-axle steering dan torque vectoring rear differential. Top speed pun terdongkrak dari 248 km/jam menjadi 278 km/jam.

Baca juga :  Suspensi Bebas Kuatir Hingga Dua Tahun Dari Jantrakakikaki

Jika masih belum puas, tersedia paket opsional RS Dynamic Plus yang akan menggeser angka spedometer ke 302 km/jam. Paket ini termasuk rem cakram keramik-karbon berukuran 440 mm plus kaliper 10-piston (depan) dan 370 mm dengan kaliper 4-piston (belakang). Anda pun dapat memilih warna kaliper rem yakni hitam, merah atau abu-abu.

Perangkat suspensi tak luput dari sentuhan upgrade. Sistem suspensi baru Dynamic Ride Control (DRC) menggantikan suspensi udara pada model standar yang dipadukan dengan per keong baja dan cross-linked damper hidrolik.

Performa dahsyat tanpa didukung tampilan yang keren tentu kurang greget. Yup… satu set velg 22-inci berbalut ban all-season Continental Sport Contact 7 berukuran 285/30 R22 pun menjadi penopang body RS6/RS7 Performance. Sadiiiis…

Untuk konsumen Inggris, RS6 Performance dibanderol seharga £130.050 dan £133.705 untuk RS7 Performance. Jika para konsumen di daratan Eropa sudah dapat memesan mulai 8 Desember 2022 mendatang, para pemesan di Inggris harus bersabar hingga kedua model tersebut tersedia di jaringan dealer Audi pada April 2023 mendatang.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x