Benelli Tornado Naked Twin 500, Incar Segmen Kelas 500 c

11 November 2022 | 2:32 pm | Rizky Dermawan

Karakter desain ala streetfighter berwajah semi futuristik nampaknya tengah menjadi trend pada sejumlah model naked bike terbaru yang dipamerkan dalam event EICMA 2022 di Milan, Italia pekan ini. Benelli tidak ketinggalan dengan membawa Benelli Tornado Naked Twin (TNT) 500. 

Benelli Tornado Naked Twin 500 sebetulnya diperkenalkan pada 8 November 2022, sebelum gelaran EICMA. Namun event tersebut jadi debut perdana dihadapan khalayak umum.

Bagi pabrikan sepeda motor yang terlahir di kota Pesaro, Italia ini, Benelli TNT 500 jadi motor penting. Mereka tengah mengincar segmen kelas 500 cc yang merupakan salah satu pangsa pasar yang gemuk di Eropa.

Desain Petarung TNT 500

Gaya petarung jalanan pada motor ini sangat kental dan terlihat lebih agresif dibandingkan sejumlah model TNT sebelumnya. Lekuk body berotot dengan posisi riding yang agak merunduk ke depan plus wajah semi futuristik yang misterius terlihat sangat keren.

Headlamp dan DRL LED yang dikemas dengan desain menyerupai huruf “T”, penanda dari label nama motor ini yakni “Tornado”.

Tangki BBM berlekuk yang dipadukan dengan jok model split mendongak ke atas plus buritan pendek dan meruncing diadopsi dari gaya motor supersport. Penampil informasi berkendara menggunakan layar multifungsi TFT 5-inci dengan soket USB dan koneksi Bluetooth yang dapat terhubung ke ponsel rider.

Baca juga :  Main Tanah Anti Deg-degan Bareng Subaru S-AWD dan X-Mode

Secara sepintas, gaya yang diusung motor ini lebih mengarah pada motor Jepang lansiran Kawasaki dan Yamaha daripada motor Italia pada umumnya seperti Ducati, Cagiva, MV Agusta maupun Aprillia.

Jarak wheelbase 1.451 mm yang terbilang pendek dengan ground clearance 784 mm, membuat body motor ini terlihat padat dan kekar. Sementara guratan desain yang ditorehkan merupakan gambaran dari visi dan karakter gaya masa depan yang akan diterapkan pada sepeda motor Benelli lainnya dalam beberapa tahun mendatang.

Patuh Emisi

Hasil pembakaran dari mesin 4-tak 2-silinder sejajar berkapasitas 500 cc berpendingin radiator disalurkan via sistem exhaust baru yang telah sesuai standar emisi EURO5.

Output daya maksimum 47.6 hp pada 8.500 rpm dan puntiran torsi puncak 46 Nm dapat dirasakan mulai 6.000 rpm terbilang tak terlalu ‘wah’ untuk motor kelas 500 cc. Sayangnya pihak pabrikan belum mengumbar lebih jauh perihal spek detil motor ini.

Oh ya, mesin yang diusung oleh motor ini diadopsi dari Leoncino 500 dan model adventure TRK 502. Sejumlah penyesuaian diterapkan agar dapat senyawa dengan konstruksi sasis tubular. Ubahan yang dilakukan antara lain pada desain cover girbok dan bak kopling. Setting gigi dan sproket serta rasio gigi akhir pun mengalami revisi.

Transmisi manual 6-speed pada motor ini dipadukan dengan torque converter dan kopling basah multi-plat untuk menghasilkan perpindahan gigi yang halus.

Baca juga :  Free Shuttle Supaya Mudah Kunjungi GIIAS 2024

Obat Ganteng TNT 500

Untuk ukuran motor kelas 500 cc, suspensi depan motor ini terbilang besar dengan garpu up-side down berukuran 50 mm dengan trail 125 mm dan jarak main suspensi 131 mm. Swing arm belakang disangga monoshock dengan jarak main 42,5 mm.

Sistem pengereman motor berbobot 199 kg ini mengadopsi sepasang cakram mengambang berukuran 320 mm yang masing-masing dijepit kaliper rem radial 4-piston pada roda depan. Sedangkan pada roda belakang menggunakan sebuah cakram rem 260 mm dengan kaliper rem piston tunggal. Piranti ABS pun dibekalkan untuk menunjang kinerja pengereman.

Sebagai penopang body sekaligus pendongkrak level ketampanan, Tornado Naked Twin 500 dibekali velg aluminium alloy 6-spoke 17-inci berkelir putih yang dibalut ban berukuran 120/70-R17 (depan) 160/60-R17 (belakang).

Sayangnya, pihak pabrikan belum mengumumkan opsi warna maupun harga jual dari Tornado Naked Twin 500 yang akan mulai dipasarkan di kawasan Eropa pada pertengahan tahun 2023 mendatang.

 

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x