Bentley Mulliner Batur, Mobil Mahal Terinspirasi Danau di Indonesia

22 August 2022 | 8:00 am | Indra Alfarisy

Bentley Mulliner Batur bukan cuma mahal dan terbatas, tapi jadi acuan untuk mobil Bentley di masa mendatang. 

Perusahaan mobil mewah Bentley memperkenalkan produk baru. Namanya Bentley Mulliner Batur. Mobil ini ditegaskan memiliki bahasa desain baru, yang akan diterapkan pada produk pabrikan Inggris tersebut di masa mendatang.

Desain adalah satu hal. Hal lain adalah sesuatu yang membuat kami bangga jadi orang Indonesia. Bentley Mulliner Batur, terinspirasi dari sebuah danau indah di Bali. Coba tebak danau apa… Ya, betul. Danau Batur. Danau itu memang indah. Ribuan kali lebih indah dari danau manapun di Jakarta.

Bentley Mulliner Batur dibuat sangat terbatas. Hanya 18 unit saja, dan semuanya sudah dimiliki seseorang. Padahal mobil ini baru mau masuk lini produksi pada awal 2023 nanti. Harganya? US $2 juta. Entah siapa saja yang beli mobil itu. Yang jelas kami tidak tertarik dengan harganya, tapi apa yang ada dibalik sang Batur wajib diketahui.

Desainnya berbeda total dengan Bentley yang kita kenal. Bahkan kalau tidak baca namanya, kami sempat salah mengira ini Ford Mustang yang mukanya tersengat lebah. Bengkak. Tapi memang beda. Lampu tidak lagi bulat dua. Berganti jadi lebih menyipit dan mengapit grille besar khas Bentley.

Kalau diperhatikan, grille ini memiliki semburat merah. Menurut mereka, itu terinspirasi dari gunung vulkanik di sekitar Danau Batur. Kap mesinnya tetap panjang. Tapi di mobil ini memiliki garis aerodinamika yang seperti menyatu dari ujung depan, ke bagian pinggang mobil, hingga berakhir di buritan. Menarik sekali. Satu hal yang juga mengejutkan adalah, lambang Bentley yang biasanya ada di kap mesin, kini geser maju ke grill. 

Baca juga :  Mudik 2024: Perhatikan Aturan One Way di Tol Biar Tidak Apes

Bagian belakang juga berubah total. Tidak ada lagi bokong besar dengan lampu yang tebal macam retro klasik. Kini tampil modern dengan perlampuan yang dibentuk tipis dan penutup bagasi berlekuk tegas. Tidak lupa ada aerodinamika aktif di bagian ini, dalam bentuk sayap yang bisa keluar masuk.

Mesin W12 Digrafir di Kabin

Mulliner Batur dibekali mesin W12 6,0 liter yang mampu mendatangkan 710 hp. Jangan kagum dulu. Torsinya 1.000 Nm! Mobil ini didaulat sebagai kendaraan roda empat paling kuat yang pernah dibuat oleh Bentley. Kestabilan berkendara ditopang oleh air suspension yang dibekali active anti-roll elektronik. Manuver dibantu oleh limited slip differential yang juga bekerja secara elektronik. Tidak lupa sistem kemudi 4WS (four wheel steering, keempat roda bisa berbelok).

Interiornya juga berubah. Yang pertama menyapa adalah warna orange cerah. Kami kurang suka, tapi ini Bentley, jadi sudahlah. Meski masih terasa ini bentuk kabin sebuah Bentley yang dibuktikan dengan beberapa bulatan. Ada tiga indikator analog di dashboard yang bulat. Latar belakangnya berwarna biru. Kelir ini terinspirasi dari warna air Danau Batur. Luar biasa.

Perhatian selanjutnya tertuju pada grafir pola akustik di dashboard. Itu bukan sembarangan. Pola itu adalah suara mesin W12 yang diterjemahkan dalam bentuk grafis! Dan karena ini Mulliner, harus ada sesuatu yang mahal. Ada sepuhan emas 18 karat di kenop dan setir. 

Baca juga :  Seribu Unit Chery Omoda E5 Telah Diserahkan Kepada Konsumen

Baik, cukup. Tidak akan dibahas lebih jauh. Kami sudah cukup kagum. Selamat Bentley, kalian membuat kami ingin berlibur ke Danau Batur.

 

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x