Bersiap Gantikan NSX, Mobil Balap Honda Civic Type R-GT Mulai Jalani Uji Coba

24 July 2023 | 6:00 pm | Indra Alfarisy

Kalau Anda ingat, bulan Januari 2023 lalu Honda mengumumkan kehadiran Honda Civic Type R-GT di Tokyo Auto Salon. Kini, mobil tersebut akan menjalani uji coba pertama di lintasan, yang akan dilangsungkan 25-26 Juli ini. Pengujian akan dilangsungkan di sirkuit balap Okayama International Circuit, Jepang.

Civic yang tidak terlihat wajar ini akan turun di balapan Super GT Jepang. di balik bonnet-nya terpasang mesini empat silinder 2.0 dengan imbuhan turbocharger. Diklaim juga, mesinnya berbeda dengan versi Civic Type R biasa. Penggerak ini dibangun langsung oleh Honda Racing Corporation (HRC), dan dijanjikan punya ‘ultimate pure sports performance’.

Honda Civic Type R-GT di TAS 2023

Honda mulai jalankan uji coba Civic Type R-GT di Okuyama.

“Kami gembira (akhirnya) bisa melangsungkan pengujian Civic Type R-GT,” ujar Koji Watanabe, President HRC. Ini adalah mesin balap yang menggabungkan aerodinamika, mesin dan teknologi lainnya serta keahlian HRC yang membuat kagum dunia balap. Baik di Jepang maupun di luar negeri.”

Debut Honda Civic Type R-GT dikabarkan akan dilakukan di musim balap Super GT 2024. Artinya, kita akan melihat mobil ini diperkenalkan sekitar bulan Maret atau April tahun depan.

Turun di Kelas Tertinggi

Untuk informasi, Super GT adalah balapan grand touring yang berlangsung di negara Sakura itu. Japan Super GT memiliki dua kelas GT500 yang paling tinggi dan GT300. Civic tersebut akan turun di kelas GT500, sebagai pengganti Honda NSX Type S, yang punya daya 648 hp. Honda menyudahi kiprah NSX di balap Super GT, yang telah dilakoni sejak 1996, dalam dua generasi. 

Honda NSX Type S untuk balapan Super GT.

Honda NSX Type S akan pensiun daru Super GT tahun depan

Kelas ini menuntut mobil untuk punya tenaga paling tidak 600-an hp, lengkap dengan KERS (Kynetic Energy Recovery System). Dan ya, bisa dibilang ini balapannya moibl hybrid bertenaga buas. Untuk mendukung mengimbangi laju, peranti aerodinamika yang menyeluruh di sekujur body adalah wajib. Makanya bentuk Civic Type R-GT terlihat garang begitu.

Baca juga :  BMW i4 dan 4 Series Gran Coupe Alami Pembugaran Luar Dalam

Untuk tahun ini, balapan sudah berlangsung sejak 15 April lalu di Okayama, Fuji Speedway dan Suzuka untuk putaran pertama. Berikutnya, balap akan berlangsung di Fuji pada 5 Agustus. Diikuti Suzuka pada 25 Agustus. Seri penutup akan berlangsung di Motegi bulan November nanti.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x