BMW F 450 GS Pukau Penyuka Petualangan di Milan

7 November 2025 | 6:14 pm | Rizky Dermawan

Tak semua sepeda motor lansiran BMW Motorrad diproduksi di Jerman, contohnya BMW F 450 GS. Sepeda motor adventure ini baru saja diluncurkan di pameran tahunan EICMA yang tengah berlangsung di Milan, Italia. Anda tak percaya?

BMW F 450 GS mulai diproduksi pabrik TVS di Hosur, Tamil Nadu-India sejak Oktober 2025 lalu. Ternyata, F 450 GS adalah model kedua yang digarap oleh TVS di India setelah model G 310.

Jangan remehkan sepeda motor made in India, terutama yang satu ini. Kualitas unit garapan TVS sesuai dengan standar mutu global yang ditetapkan BMW Motorrad.

BMW F 450 GS menandai langkah BMW Motorrad memasuki pangsa pasar rider kelas menengah yang sangat potensial. Di Eropa, F450 GS masuk kategori SIM A2 (output maksimum 48 hp).

“Dengan BMW F 450 GS yang baru, BMW Motorrad menghadirkan GS sejati di kelas A2,” papar Markus Flasch, CEO BMW Motorrad dalam keterangan pers resminya.

Gaya Adventure Khas GS

Tampilan F 450 GS mengadopsi gaya khas seri GS dengan cc yang lebih besar seperti R 1300 GS. Tak hanya dirancang untuk touring dan asyik diajak bertualang, tapi juga nyaman untuk pengendaraan harian.

Fitur seperti layar TFT berwarna 6.5-inch dengan konektivitas Bluetooth serta soket USB-C untuk pengisian daya ponsel jadi kelengkapan standar.

Baca juga :  Roadshow Honda Culture Indonesia di Bali Dihadiri Berbagai Komunitas

Desain jok dan tangki yang ergonomis bikin aksi berkendara saat bermanuver maupun melakukan perjalanan jauh tetap nyaman.

Ukuran ketinggian jok standarnya 845 mm, tapi tersedia opsi 830 mm dan 865 mm jika ingin menyesuaikan postur pengendara.

Mesin Generasi Baru

Mesin parallel-twin 420 cc yang dibopong menghasilkan output 48 hp pada 8.750 rpm dan torsi puncak 45 Nm pada 6.750 rpm. Perbandingan tenaga dan torsi yang cukup imbang. Sistem pendingin mengunakan radiator. Top speed dikatakan sampai 164 km/jam sesuai setting ECU. Akselerasi 0-100 km/jam dikatakan butuh waktu 5,9 detik. Hmm…masih bisa dikilik lagi sepertinya.

Keunikan dari mesin ini yakni menggunakan bandul kruk-as tunggal dengan sudut ayun 135°. Desain ini dikatakan menghasilkan kurva tenaga yang terus mengisi di putaran menengah dan atas. Getaran mesin pun dapat dikurangi dengan lebih optimal.

Pihak pabrikan mengatakan jika mesin ini adalah hasil pengembangan baru khusus untuk model GS.

Berbekal tangki BBM berisi 14 liter, F 450 GS mampu menjelajah hingga 350 km. Konsumsi BBM-nya untuk ukuran kelas 450 cc cukup ekonomis yakni 25 km/liter. Selain mesin dengan efisiensi tinggi, pihak pabrikan pun mengatakan jika F 450 GS punya daya tahan hingga 9.900 km sebelum melakukan servis berkala.

Perpindahan gigi menggunakan transmisi manual 6-speed. Fitur perpindahan gigi cepat (quickshifter) Shift Assistant Pro dibekalkan pada semua varian, kecuali varian Base. Fitur ini juga dapat dipasang pada varian Base sebagai paket tambahan.

Baca juga :  Update Pembangunan Tol Betung-Jambi Seksi 1A Sudah 49%

Khusus varian teratas yakni GS Trophy dilengkapi dengan kopling Easy Ride Clutch (ERC). Dengan fitur ERC, kinerja kopling di-by pass sehingga oper gigi jadi lebih cepat tanpa perlu lagi meremas tuas kopling. Namun tentunya tuas kopling tetap tersedia untuk oper gigi secara normal. ERC hanya aktif pada kecepatan tinggi yang membutuhkan respon cepat. Selain itu, terdapat sensor yang memberi peringatan pada layar jika posisi gigi terlalu tinggi atau terlalu rendah dan tak sebanding dengan rpm mesin.

Menerabas Trek Off-road dan Aspal

BMW F 450 GS dibekali mode berkendara: Rain, Road, dan Enduro – ABS Pro. Jika ingin lebih sip, tambah sedikit biaya extra untuk mode tambahan Enduro Pro.

Untuk fitur penunjang berkendara yang dibekalkan antara lain Dynamic Brake Control (DBC), Dynamic Traction Control (DTC) dan kontrol torsi (MSR).

Sistem suspensi dirancang untuk menunjang aksi berkendara di jalan raya maupun trek off-road. Garpu depan pakai teleskopik up-side down (USD) 43 mm lansiran KYB. Pada varian Sport dan GS Trophy dilengkapi setelan tengah untuk pengaturan bound dan rebound. Setting garpu depan dengan sudut rake 28,1 derajat, dan trail roda depan 114 mm ideal untuk trek off-road.

Suspensi belakang menggunakan swing arm aluminium yang terhubung langsung dengan pegas monoschock WAD lansiran KYB.

Sesuai gaya motor adventure, roda depan pakai pelek jari-jari 19 inci berbalut ban ukuran 100/90-19. Sedangkan di belakang pakai pelek ukuran 17 inci berbalut ban 130/80-17.

Baca juga :  Inilah Gambaran Mobil Sporty Masa Depan Versi Subaru STi

Sistem rem depan pakai cakram tunggal 310 mm yang diapit kaliper monoblok 4-piston lansiran Brembo. Di belakang pakai cakram 210 mm plus kaliper rem floating piston tunggal lansiran ByBre. Kinerja pengereman ditunjang piranti BMW ABS Pro dengan sistem dua kanal.

Jelas jika BMW F 450 GS dirancang untuk bisa dikendarai di jalan raya maupun melibas trek off-road ringan.

Minat dengan BMW F450 GS? Sabar, baru resmi dipasarkan mulai tahun depan di India dan Eropa.

Untuk para konsumen di Benua Biru dan juga Inggris akan tersedia 4 varian model yang ditawarkan, yakni Base (£ 6.990), Exclusive (£ 7.290), Sport (£ 7.440), dan GS Trophy (£ 7.760).

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x