BMW Group Classic Ikutan Le Mans Classic 2023

17 June 2023 | 12:04 am | Aldi Prihaditama

BMW Group Classic kembali mengikuti ajang Le Mans Classic, setelah lama vakum sejak tahun 2014. Rencananya BMW Group Classic akan membawa BMW M1 Group 4 dengan livery Münchener Wirtshaus untuk tampil di Circuit de La Sarthe, selama 29 Juni hingga 3 Juli 2023 nanti. Pembalap yang akan mengemudikan mobil tersebut ialah Pangeran Leopold dari Bavaria, Christian Danner, dan Peter Oberndorfer. Ketiga pembalap tersebut pernah berlaga di balap 24 Hours of Le Mans tahun 1981.

Mengulang foto pra-balapan di tahun 1981

Kemarin (15/06/2023) ketiganya berkumpul di restoran Spatenhaus an der Oper, di kota Munich, Jerman, untuk menampilkan ‘sinergi’ mereka. Para pembalap bersama sejumlah penggemar dan awak media pun seperti mengulang kembali sesi foto pra-balapan di tahun 1981 silam. Singkat kata, sejarah akan diulang kembali di tempat yang sama, mobil yang sama, serta para pembalap yang sama pula.

“Saya tidak sabar untuk mengemudikan BMW M1 Group 4 dengan livery Münchener Wirtshaus ini di balap Le Mans, seperti 42 tahun lalu. Saya pun sangat bangga dapat berjumpa lagi dengan Christian Danner dan Peter Oberndorfer, jadi kami bertiga seperti kembali ke masa lalu,” kata Pangeran Leopold.

Banyak perayaan penting

Untuk mengikuti event Le Mans Classic ini, BMW Group Classic bekerjasama dengan BMW Motorsport dan BMW France, dalam memeriahkan balap 24 Hours of Le Mans. Selain itu, BMW France juga merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Tak ketinggalan, Pangeran Leopold pun genap berusia 80 tahun pada tanggal 21 Juni nanti.

Baca juga :  Usia Kendaraan di Jakarta Mau Dibatasi, Memang Bisa?

Selain masuk ke dalam kategori Plateau 6 bersama BMW M1 Group 4, BMW Group Classic juga meramaikan eksebisi mobil-mobil balap Le Mans legendaris di Musée des 24 Heures du Mans. Sebut saja BMW V12 LMR (juara 24 Hours of Le Mans 1999), BMW 3.0 CSL tahun 1975 hasil karya Alexander Calder (mobil BMW Art Car pertama), serta BMW M3 GT2 Art Car tahun 2010 hasil karya Jeff Koons. Bahkan tercatat bahwa ada sekitar 20 unit mobil balap BMW klasik milik para pembalap maupun kolektor yang juga ambil bagian di gelaran Le Mans Classic ini.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x