BMW i4 dan 4 Series Gran Coupe Alami Pembugaran Luar Dalam

29 April 2024 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Memasuki penghujung kwartal pertama di tahun 2024, BMW meluncurkan versi facelift dari i4 dan 4 Series Gran Coupe. Mobil yang dipasarkan sebagai model tahun 2025 ini mengalami sejumlah sentuhan penyegaran.

Apakah i4 dan 4 Series Gran Coupe versi facelift hanya sekadar mendapat polesan kosmetik? Atau merambah hingga sektor performa?

Penyegaran Eksterior

Pada bagian wajah, lampu depan LED mengalami desain ulang. Kini nampak menyatu dengan lampu siang hari (DRL) berbentuk bumerang. Para desainer BMW memanfaatkan aksen garnish sehingga tampilan depan terlihat lebih segar.

Frame grille pun tak luput dari polesan dengan nuansa matte chrome. Tak hanya pada varian reguler, tapi juga untuk paket opsional M Sport. Tersedia pula opsi grille berwarna gloss black bagi yang tak suka kemilau chrome.

Area buritan juga mengalami sentuhan. Lampu belakang model ‘Laserlight’ ala BMW M4 CSL limited-edition kini terpasang pada i4 dan 4 Series Gran Coupe facelift.

Bagi konsumen yang memilih paket M Sport pada i4 maupun 4 Series Gran Coupe, akan mendapat sirip diffuser belakang berwarna high-gloss black. Jika ingin pipa exhaust sewarna sirip diffuser, konsumen harus memesan dalam paket opsional. Oh ya, ukuran laras pipa exhaust 4 Series Gran Coupe kini kian besar dari 3.5 inci jadi 4 inci.

BMW mengimbuhkan dua opsi warna eksterior baru. Nuansa hijau kemilau Cape York Green metallic dan merah merona Vegas Red metallic. Pelek 19 dan 20-inci yang dibekalkan pun tampil dengan desain baru nan eyecatching.

Baca juga :  Speedster BYD Fang Cheng Bao Super 9 Yang Bikin Penasaran

Tombol Fisik Perlahan Mulai Dihilangkan

Update yang kini dibekalkan pada i4 dan 4 Series Gran Coupe menyusul jejak 4-Series Coupe dan M4 yang telah lebih dulu diupgrade.

Ubahan paling terlihat pada interior i4 dan 4 Series Gran Coupe adalah kian minimnya jumlah tombol fisik pengendali fitur pada kabin. Ya, kontrol fitur kini terintegrasi pada sistem digital terpadu BMW iDrive dengan software OS 8.5 terbaru.

Seluruh kendali fitur dilayani via menu QuickSelect. Tak ubahnya pengoperasian menu pada ponsel pintar. Cukup dengan sentuhan jemari pada layar touchscreen Curved Display.

Para penyuka sentuhan tombol fisik nampaknya harus mulai beradaptasi dan membiasakan diri dengan menu Quickselect. Sedikit merepotkan memang bagi yang belum terbiasa, terutama yang agak gaptek.

Untuk kemasan interior, material kulit sintetis Sensatec yang digunakan kini lebih halus dan lembut. Ingin tampilan interior terlihat lebih eksklusif? Tersedia paket opsional bernuansa brushed chrome dan panel kayu untuk dashboard dan konsol tengah.

Untuk tuas selektor iDrive Controller dan tombol Start/Stop, tersedia opsi tampilan bernuansa Galvanic.

Kabar yang cukup menggembirakan adalah i4 dan 4 Series Gran Coupe kini dilengkapi jok sport. Makin keren bukan?

Racik Ulang Mesin Hybrid

Untuk varian 430i dibekali mesin 4-silinder 2.0-liter turbo plus modul mild hybrid 48-volt. BMW menggarap ulang lubang saluran intake serta ruang bakar. Setting ulang pun dilakukan pada camshaft control, sistem injeksi dan pengapian. Alur pipa header dan exhaust pun diracik ulang.

Baca juga :  Perkenalkan Neta V-II, Mobil Pertama Neta Rakitan Indonesia

Di atas kertas, tak ada perubahan output performa. Tenaga tetap 255 hp dan torsi puncak pun masih 400 Nm. Namun pihak pabrikan mengatakan bahwa respon output performa lebih terasa saat dipacu di jalan raya maupun sirkuit balap.

Versi paling menggairahkan yakni M440i Gran Coupe masih dengan mesin 6 piston berkapasitas 3.0-liter. Sama seperti 540i xDrive dan X5 xDrive40i.

Modul mild hybrid 48-volt juga diimbuhkan pada M440i seperti halnya varian 430i. Tentu saja output performa jadi kian menggairahkan. Boost suplemen tenaga extra sebesar 11 hp plus torsi tambahan sebesar 200 Nm dapat diaktifkan selama 10 detik. Ya, cukup 10 detik.

Pasalnya, total output tenaga kini jadi 386 hp. Torsi maksimum pun terdongkrak jadi 539 Nm. BMW mengatakan bahwa akselerasi 0-100 km/jam kini lebih gesit.

Cukup 4,7 untuk versi rear-wheel drive (RWD) dan hanya 4,3 detik untuk versi berpenggerak xDrive all-wheel drive.

BMW i4 dan 4 Series Gran Coupe model tahun 2025 ini akan diproduksi di Munich, Germany. Resmi dipasarkan di Eropa paling cepat pada Juli 2024 mendatang. Amerika Serikat dan Indonesia? Harap bersabar…

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x