BMW M 1000 R, Superbike Berwujud Naked Roadster

17 October 2022 | 4:09 pm | Rizky Dermawan

BMW M 1000 R bakal memuaskan para bikers pecinta motor roadster. 

Bagi para pecinta motor roadster kelas satu liter, mungkin moge terbaru dari BMW Motorrad ini akan membuat Anda terpikat. Tak hanya sebuah roadster biasa, motor berlabel M 1000 R ini merupakan versi M Motorsport dari roadster BMW S 1000 R. Motor ini menggunakan mesin 4-silinder 999 cc berpendingin radiator yang berbasis dari BMW M 1000 RR, dan bukan dari versi standar model S 1000 R.

Dibandingkan dengan versi yang diusung oleh S 1000 R, mesin versi M ini punya output 40 hp lebih besar yakni 205 hp yang disuguhkan pada putaran mesin 13.500 rpm. Batas redline meningkat dari 12.000 rpm menjadi 14.600 rpm. Kinerja mesin pun telah mendapat upgrade dari teknologi BMW ShiftCam, yang akan menyesuaikan kinerja katup dengan putaran mesin dan buka-tutup throttle. Saluran intake tak ketinggalan mengalami ubahan desain.

Tak hanya memberi sentuhan pada setting mesin, rasio gigi sproket dan gigi transmisi pun diracik ulang. Untuk meningkatkan tarikan akselerasi, gir belakang 45 mata standard diganti dengan versi 47 mata. Rasio gigi transmisi 4, 5 dan 6 dibuat lebih rapat dari versi S 1000 R. Hentakan torsi maksimum sebesar 112 Nm dapat dirasakan pada putaran mesin 11.000 rpm. Performa mesin diteruskan dari sproket depan ke gir roda belakang via rantai high performance M Endurance.

Baca juga :  BMW XM Mystique Allure Gemparkan 77th Cannes Film Festival

Peningkatan performa juga ditunjang oleh ubahan pada saluran intake variabel serta penggunaan saluran exhaust bertabung silencer titanium. Tak perlu khawatir, lantunan suara yang dihasilkan oleh knalpot motor ini telah disesuaikan dengan ambang batas kebisingan yang ditetapkan oleh negara tujuan tempat motor ini dipasarkan.

Ada empat mode berkendara

Tersedia empat pilihan mode berkendara mulai dari yang terkalem hingga yang paling agresif yakni Rain (untuk kondisi hujan maupun trek basah), Road, Dynamic, Race, plus mode kustomisasi yakni Race Pro 1-3.

Perpindahan gigi naik dan turun dapat dilakukan dengan cepat berkat shifter yang dilengkapi fitur Shift Assistant Pro. Hal ini memudahkan rider saat melintasi rute berkelok yang membutuhkan respon manuver dan perpindahan gigi cepat dan tak perlu menarik tuas kopling. Bagi Anda yang menyukai tarikan akselerasi cepat maupun torsi dan tenaga di putaran bawah pada berbagai kondisi, motor ini dilengkapi dengan fitur Launch Control, Pit Lane Limiter, dan Hill Start Control Pro.

Perihal akselerasi, motor ini hanya butuh waktu 3,1 detik untuk melesat dari posisi start hingga kecepatan 100 km/jam dan cukup 7,5 detik untuk mencapai kecepatan 200 km/jam. Top speed motor ini mampu menembus angka 280 km/jam.

Dibanding versi standarnya, sistem pengereman telah mengalami upgrade. Fitur teknologi Brake Slide Assist akan mengatur kinerja pengereman dan bahkan Anda dapat melakukan aksi drifting, tapi kami amat sangat tidak menganjurkannya di tengah keramaian jalan raya dalam kota.

Baca juga :  Kenapa Ada Motor BMW di Concorso d’Eleganza Villa d’Este?

Paduan karakter motor balap dan roadster

Kendati motor ini memiliki karakter balap yang kental, namun wujudnya tetaplah sebuah roadster. Oleh karena itu motor ini tetap mengusung fitur standar motor roadster seperti soket USB untuk mengisi ulang daya baterai ponsel. Layar TFT 6.5-inci berfungsi sebagai panel instrument yang terintegrasi dengan M GPS Datalogger dan Lap trigger.

Masih belum cukup? Tenang, BMW Motorrad membekalkan fitur keyless ride, tire pressure monitor dan electronic cruise control. Bahkan penghangat grip akan tetap membuat tangan Anda terasa hangat saat berkendara di cuaca dingin.

Untuk kawasan Amerika Serikat, BMW melabeli M 1000 R dengan harga dasar mulai dari $21.345, plus biaya surat kendaraan sebesar $695. Tipe M 1000 R akan mulai tersedia di jaringan dealer BMW Motorrad di seantero Amerika Serikat mulai Januari 2023 mendatang.

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x