BMW M5 CS Ini Siap Libas Ferrari F8 Tributo

1 March 2023 | 12:03 pm | Rizky Dermawan

Sudah cukup banyak model BMW M2 dan M3 yang performanya diracik ulang oleh sejumlah tuning house. Namun tak banyak yang menggarap sedan sport BMW M5 CS.

Tuner spesialis BMW asal Bavaria, G-Power pun menawarkan paket upgrade performa untuk BMW M5 CS.

Meskipun tak setenar tuner Jerman lainnya, namun hasil garapan workshop G-Power yang didirikan oleh Jochen Grommisch sejak 1983 ini tak kalah sangar.

Upgrade Performa Ala Supercar

Saat keluar dari dapur produksi di Dingolfing, mesin 4.4 liter V8 twin-turbo berkode S53 di balik bonnet M5 CS menghasilkan tenaga tak kurang dari 626 hp dengan torsi maksimum 750 Nm.

Penyaluran daya dan torsi ke roda menggunakan pengerak AWD xDrive dan transmisi automatic 8-speed 8HP lansiran ZF dengan torque converter.

Akselerasi 0-100 km/jam dicapai hanya dalam 3 detik. Top speed mampu menembus angka 306 km/jam. Masih kurang? Menurut Grommisch masih.

Untuk mendongkrak output performa, G-Power melakukan revitalisasi. Dimulai dari upgrade software dan setting ulang ECU. Tak sekadar remapping kurva pada software, ‘belenggu’ limiter pun dilepas untuk menghasilkan output performa yang optimal.

Perangkat turbocharger diupgrade dan tekanan boost ditingkatkan. Seperangkat sistem knalpot mulai dari header hingga muffler diganti dengan racikan G-Power. Selain mengimbuhkan perangkat intercooler, G-Power juga melakukan setting ulang software controller sistem transmisi untuk mengimbangi lonjakan performa.

Baca juga :  VW ID. Buzz Ini Jadi Versi Reborn Kombi Dakota

Hasilnya cukup mengejutkan. Output tenaga kini menjadi 808 hp. Torsi maksimum melonjak drastis menjadi 1.000 Nm!

Tak disebutkan secara rinci berapa catatan sprint M5 CS hasil upgrade ini. Akan tetapi G-Power mengklaim akselerasi 0-100 km/jam racikan mereka dapat menjabani Ferrari F8 Tributo yang catatan waktunya 2,9 detik. Wow!

Paket Aksesoris Tambahan? Ada…

Jika konsumen ingin paket upgrade yang lebih lengkap, G-Power menyediakan sejumlah aksesoris serta parts aftermarket tambahan.

Kap mesin, body kit, sayap spoiler belakang hingga grille tersedia dalam versi berbahan CFRP maupun serat karbon. Beraneka model velg hingga setir balap pun tersedia. Ingin mengganti jok sport bawaan M5 CS dengan gambar sirkuit Nurburgring Nordschleife pada headrestnya? Ada tapi untuk hal yang satu ini nampaknya akan jarang yang ingin melakukannya.

Dengan upgrade performa G-Power, tak perlu ragu lagi untuk membawa BMW M5 CS melibas setiap tikungan di The Green Hell….dan supercar lainnya di Autobahn. Soal rincian harga bergantung paket yang dipilih oleh konsumen. Bagaimana, Anda berminat?

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x