BMW X1 Makin Garang Dengan Model M35i xDrive

3 July 2023 | 12:53 pm | Rizky Dermawan

Sebagai upaya mendongkrak angka penjualan sekaligus memikat konsumen di Amerika Serikat, BMW melakukan upgrade pada SUV terkecilnya, X1. Untuk model tahun 2024, BMW X1 hadir dalam varian M35i xDrive seperti halnya BMW X2.

Tak sekadar menyuguhkan performa mesin 4-silinder turbo yang lebih bertenaga. Sejumlah sektor pun mengalami upgrade, mulai dari kemasan eksterior dan interior hingga paket fitur yang dibekalkan.

Seperti apa upgrade konten yang ditawarkan oleh BMW pada varian X1 M35i xDrive terbaru ini?

Upgrade Tampilan Jadi Lebih Sporty

Untuk mengimbangi performa yang meningkat, tampilan X1 M35i xDrive dikemas lebih sporty.

Mulai dari lubang intake depan yang berukuran jauh lebih besar, side skirt hingga sirip diffuser pada bumper belakang membuat tampilan X1 jadi lebih garang dari sebelumnya. Spoiler pada atap bagian belakang pun tak lupa disematkan.

Agar tongkrongan crossover mungil BMW ini kian macho, body X1 M35i xDrive ditopang velg 19-inci berbalut ban standar untuk segala musim. Ingin terlihat lebih gagah? Tersedia velg opsional berukuran 20-inci berbalut ban sport.

Mesin Jauh Lebih Bertenaga

Dibandingkan dengan varian sebelumnya yakni xDrive28i yang dibekali mesin 2.0-liter turbo, X1 M35i xDrive jauh lebih bertenaga.

Mesinnya sama, hanya output tenaganya 71 hp lebih besar. Dari 241 hp kini menjadi 312 hp yang dikail pada rentang putaran mesin 5.750-6.500 rpm. Torsi maksimumnya pun kini menjadi 400 Nm yang bermain di rentang 2.000-4.500 rpm.

Baca juga :  STP Siap Rilis Oli Mesin Full Synthetic Berstandar API SP

Peningkatan performa merupakan hasil upgrade pada kruk-as dan sistem pelumasan mesin. Sejumlah komponen mesin 6-silinder BMW pun dicangkok pada mesin 4-silinder 2.0-liter turbo bawaan X1.

Penyaluran output daya mesin diolah via transmisi automatic 7-speed dual-clutch yang dipadukan dengan penggerak all-wheel drive (AWD).

Varian M35i juga dilengkapi dengan limited-slip differential mekanis untuk memaksimalkan pembagian torsi dan daya ke roda.

Untuk upgrade pada suspensi, X1 M35i xDrive dilengkapi sistem suspensi adjustable BMW M Suspension. Pada paket ini termasuk pula perangkat adaptive damper.

Untuk yang ingin mengupgrade sistem rem, tersedia paket opsional rem cakram M Compound dari BMW M. Pada roda depan dilengkapi kaliper rem 4-piston yang mengapit cakram perforated 15.2-inci. Pada roda belakang dilengkapi cakram rem 13.0-inci dan kaliper rem piston tunggal.

BMW X1 M35i xDrive top speednya mampu mencapai sekitar 250 km/jam. Bahkan crossover termungil dari BMW ini digadang hanya butuh 5,2 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.

Klaim yang cukup masuk akal, dan mungkin bisa lebih cepat lagi dari itu. Pasalnya, X1 spek standar yang bertenaga 241 hp catatan waktunya sekitar 5,4 detik. Sedangkan untuk X2 M35i yang bertenaga 302 hp catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam sekitar 4,5 detik.

Sistem exhaust 4-laras yang dibekalkan tak hanya meningkatkan output performa dan juga kadar ketampanan. Alunan soundtrack 4-silinder turbo yang dihasilkan pun kian menggugah.

Baca juga :  Harga VinFast VF 5 di Indonesia Sudah Resmi Nih!

Interior Juga Terkena Upgrade

Tak hanya performa, varian M dari X1 ini juga mengalami upgrade pada kemasan interiornya.

Panel interior dikemas balutan kulit imitasi plus aksen jahitan benang warna biru. Setir sport akan lebih pas jika dipadukan dengan paket opsional jok sport BMW M dan kemasan kulit Alcantara.

BMW pun mengupgrade sistem infotaintment terpadu pada X1 dengan software iDrive Operating System 9. Pengoperasian menu dan fitur pada layar jauh lebih mudah.

Untuk konsumen di AS dapat menebus BMW X1 M35i xDrive dengan harga mulai dari $50,895. Kurang lebih sekitar Rp 762,7 jutaan (off-the road).

Jika ditambah paket fitur opsional, tentu saja biaya yang dikeluarkan pun bertambah. Namun bagi yang ingin tampil lebih, paket Premium dan M Sport Professional tentu sayang jika dilewatkan begitu saja.

BMW X1 M35i xDrive diproduksi di pabrik BMW di Regensburg, Jerman. Oleh sebab itu paling cepat unitnya baru tersedia di jaringan dealer BMW di Amerika Serikat mulai Oktober 2023 mendatang.

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x