BMW X1, Serasa X7 Versi Mungil Yang Bersahabat

27 September 2022 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Anda menyukai SUV namun dengan harga terjangkau? Solusinya adalah BMW X1.

Eksterior BMW X1 kini mengalami ubahan desain. Lekuk body X1 tampil lebih kekar dan terlihat bagai versi mungil dari X7. Grille pun kini berukuran lebih besar dengan desain yang identik seperti pada grille X7. Tampilan headlamp LED kini memiliki desain ramping. Tersedia pula opsional headlamp Adaptive LED dengan Matrix high beam. Desain lampu belakang LED pun mengalami ubahan.

BMW X1 terbaru berdiri diatas plaform yang sama dengan model 2-Series Active Tourer. Tampilan interior X1 secara garis besar terlihat identik dengan saudara seplatformnya. Di dalamnya tersemat sistem infotaintment iDrive 8, namun kontrol BMW iDrive yang dibekalkan bukan model rotari seperti pada model 3-Series terbaru.

Sistem navigasi BMW Maps berbasis cloud yang dibekalkan dilengkapi dengan fitur Augmented View yang memungkinkan bagi pengemudi untuk mengambil gambar hasil pantauan dari kamera mobil yang kemudian dapat ditransfer ke ponsel. Fitur ini juga terdapat pada varian X1 bertenaga listrik yakni iX1.

Dua buah layar digital terpampang pada dashboard. Sebuah layar digital berukuran 10,25-inci berfungsi sebagai penampil informasi mengemudi dan layar sentuh 10,7-inci berfungsi sebagai penampil fitur infotaintment.

Di sektor performa untuk varian entry-level berpenggerak FWD, X1 sDrive18i dibekali mesin bensin 3-silinder turbocharged yang menghasilkan output tenaga 136 hp. Sedangkan varian bensin berpenggerak AWD, X1 xDrive23i dibekali mesin bensin 4-silinder 2.0-liter turbocharged plus modul mild hybrid 48v dengan total output tenaga 218 hp. Sementara untuk varian bermesin diesel versi berpenggerak FWD, X1 sDrive18d dibekali mesin 4-silinder bertenaga 150 hp.

Baca juga :  Ducati Dan Supreme Lahirkan Streetfighter V4 Terkeren

Sedangkan untuk versi berpenggerak AWD yakni X1 xDrive23d, memadukan mesin diesel bertenaga 197 hp dan modul mild hybrid 48V dengan motor listrik 19 hp yang menghasilkan output tenaga kombinasi sebesar 211 hp. Untuk melontarkan tenaga mesin ke rodanya, semua varian X1 baik versi bensin maupun diesel kini menggunakan transmisi automatic 7-speed dual-clutch versi terbaru.

Di sektor suspensi, BMW telah meningkatkan sistem suspensi X1 untuk meningkatkan performa pengendalian dan stabilitas berkendara di berbagai kondisi jalan, maupun saat bermanuver. Teknologi bantu berkendara Cruise Control menjadi salah satu fitur standar yang dibekalkan pada seluruh varian BMW X1 termasuk iX1.

Ada paket opsional M Sport

Namun jika Anda ingin suspensi berkarakter sport, maka tersedia paket opsional M Sport. Sistem suspensi Adaptive M pada paket ini dilengkapi pengaturan artikulasi suspensi dan ground clearance. Selain itu, pada kemudi juga terdapat perangkat paddle-shift untuk memudahkan perpindahan gigi transmisi. Anda juga akan mendapatkan sejumlah aksesoris sporty mulai dari jok, setir plus body kit add-on untuk mempergagah tampilan eksterior X1.

BMW X1 terbaru ini baru akan resmi dipasarkan paling cepat pada akhir tahun ini. Jika masih belum cukup dengan varian model yang tersedia? Tenang, pihak pabrikan mengabarkan bahwa varian plug-in hybrid dari X1 akan segera hadir dalam waktu dekat.

Rizky Vox

0 0 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x