BPBD DKI Jakarta Gelar Edukasi Bencana Dan Kedaruratan di IIMS 2024

18 February 2024 | 10:00 am | Rizky Dermawan

Event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 tak hanya diisi oleh pameran beragam produk brand otomotif. Penyelenggara IIMS mengandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta untuk mengedukasi para pengunjung IIMS dalam acara bertajuk “Automotive Hero Day”.

Acara tersebut berlangsung di pelataran konser musik IIMS Infinite Show pada Sabtu (17/02) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

BPBD DKI di IIMS 2024

Siap Siaga Membantu 

BPBD DKI Jakarta tak hanya hadir dalam melakukan penanganan bencana musiman seperti banjir dan perkotaan (urban disaster) seperti cuaca ekstrem maupun gempa. Namun juga saat terjadi bencana non-alam, pandemi, konflik sosial, kebakaran, hingga kecelakaan di jalan raya. 

Tak hanya mengedukasi masyarakat perihal berbagai macam bencana dan apa yang harus dilakukan saat berada dalam situasi kedaruratan atau bencana. Para petugas BPBD DKI Jakarta pada event IIMS 2024 juga memperlihatkan atraksi penanganan insiden.

“Kami sangat mengapresiasi pihak Dyandra dan IIMS sehingga BPBD DKI Jakarta dapat memberikan edukasi dan atraksi tim dalam menangani insiden kecelakaan lalu lintas. Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan, kami membuka layanan Jakarta Siaga 112 yang dapat diakses publik 24 jam,” papar Muhamad Thoufiq Hidayatuloh ST MA, Kasubkel Pengendalian dan Operasi BPBD DKI Jakarta di JiEXPO Kemayoran, Jakarta.

Atraksi Laka Lantas

Aksi yang dilakukan tim yang terdiri dari 25 personel, dua sepeda motor, dua mobil komando, mobil Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dan  ambulans, masing-masing satu unit. Para personel melakukan simulasi penanganan insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mobil.

Baca juga :  Wuling Cloud EV Maksimalkan Ruang Kabin Sampai 84,7 Persen!

Tak hanya memperagakan prosedur panggilan darurat 112 dan penanganan korban patah tulang (dislokasi). Peragaan prosedur penanganan korban yang masih berada di kabin menjadi salah satu bagian edukasi yang tak kalah penting.  Para penonton pun turut dilibatkan untuk ikut berpartisipasi dan memperoleh pengalaman secara langsung dalam rescue korban.

Penanganan korban yang tepat oleh tim terlatih BPBD sesuai dengan prosedur keselamatan. Baik untuk korban maupun para petugas menjadi pengalaman edukasi baru bagi para pengunjung IIMS kali ini.

Edukasi situasi bencana dan kedaruratan kepada masyarakat perlu digiatkan lebih banyak lagi. Demikian pula kemudahan akses jasa layanan BPBD untuk membantu masyarakat saat bencana pun perlu dikampanyekan kepada khalayak luas. 

 

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x