BYD Seal 06 GT Segera Dipasarkan Di Eropa Dan Australia

29 August 2024 | 4:15 pm | Rizky Dermawan

Pemain di liga hatchback bertenaga listrik kian bertambah. Hanya selang sebulan setelah Volkswagen meluncurkan VW ID.3, BYD pun bakal segera memasarkan hatchback EV terbarunya yakni BYD Seal 06 GT.

Mobil ini adalah pengembangan dari konsep desain Ocean M Concept yang dipamerkan BYD pada event Beijing Auto Show sekira April 2024 lalu.

Tampilan eksterior hatchback Seal 06 GT tak jauh beda dari versi konsepnya. Tentu saja desain versi produksi telah mengalami sejumlah sentuhan ulang di sana sini.

Seperti pada lubang intake berukuran besar di sisi kiri dan kanan bumper depan yang dibuat sedikit lebih mirip Lamborghini Gallardo. Desain lampu depan-belakang serta spion pun berubah. Bagian depan terlihat mirip perpaduan Lamborghini Urus, dan Gallardo.

Buritan versi produksi ini pun tak dilengkapi spoiler seperti pada versi konsepnya. Nah, kami suka peleknya yang desainnya mirip pelek Alfa Romeo Giulia. Beda dengan Seal sedan yang mirip kelopak bunga Plum.

Penyederhanaan tampilan sedikit banyak berkaitan dengan kalkulasi biaya produksi. Kemudahan pembuatan body parts juga jadi pertimbangan.

Untuk kemasan interior, sedan BYD Seal menyumbang cukup banyak komponen. Mulai dari setir, panel layar digital pada dashboard hingga sejumlah tombol kendali fitur. Perbedaan dari sedan BYD Seal hanya pada desain dashboard dan lubang AC.

Baca juga :  Kawasaki MULE PRO-DXT FE dan Brute 750 Siap Garuk Tanah

Dalam lini model yang dimiliki oleh BYD, hatchback Seal 06 GT mengisi celah antara Dolphin yang ujurannya lebih compact dengan sedan Seal.

Bila dibandingkan dengan hatchback MG4, bodi Seal 06 GT sedikit lebih besar dengan panjang 4.630 mm dan wheelbase 2.820 mm. Namun masih kalah bongsor dari Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6.

RWD Atau AWD

Perihal spek teknis memang belum diungkap secara lengkap oleh pihak BYD. Namun sekali lagi kementerian media darling kita di RRC sedikit memberi bocoran kisi-kisi spek Seal 06 GT.

Rancang bangun yang digunakan pada Seal 06 GT adalah platform terbaru BYD yakni e-Platform 3.0 Evo. Platform ini bisa mengakomodir versi motor elektrik tunggal berpenggerak RWD maupun versi motor elektrik ganda (AWD).

Berdasarkan info Kementerian Industri dan Teknologi Informasi RRC, ‘kemungkinan’ bakal dibekali motor elektrik tunggal 160 kW (215 hp) dan motor elektrik ganda beroutput 310 kW (416 hp).

Launching resmi BYD Seal 06 GT di RRC dijadwalkan paling cepat pada 30 Agustus 2024 mendatang.

Sejauh ini, harga jualnya memang belum resmi diumumkan. Namun diperkirakan berada di kisaran 150.000 – 200.000 Yuan China. Kurang lebih sekira Rp 324 – 432 jutaan. Tak hanya bakal beredar di pasar domestik China, tapi BYD kemungkinan besar juga akan memasarkannya di kawasan Eropa dan Australia. Bagaimana dengan Indonesia?

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x