Casio Edifice Mugen Edition Jadi Penanda 50 Tahun Mugen

5 September 2023 | 2:00 pm | Rizky Dermawan

Bagi para pecinta mobil Honda, nama Mugen sudah tak asing terdengar di telinga. Siapa sangka jika tahun ini Mugen telah genap berusia 50 tahun. Untuk merayakannya, mereka menggaet Casio untuk bikin jam Edifice Mugen Edition. 

Sebelum bahas jam, kami merasa perlu meluruskan soal Mugen ini. Banyak yang salah mengira jika Mugen adalah bagian dari Honda Motor Company. Nyatanya, Mugen adalah perusahaan mandiri yang bergerak di bidang komponen khusus balap dan tuning untuk mobil Honda.

Memang, Mugen pertamakali didirikan pada tahun 1973 oleh Hirotoshi Honda, putera dari Soichiro Honda, pendiri Honda Motor Company. Dalam membangun Mugen, Hirotoshi Honda dibantu oleh Masao Kimura, veteran pembalap Honda yang kemudian bekerja di divisi Honda Racing Service.

Mugen dalam bahasa Jepang berarti “tanpa batas”. Label nama yang menginspirasi para teknisi di Mugen untuk terus mengolah performa mobil Honda hingga semaksimal mungkin. Tak ada batasan dalam berinovasi.

Berkat andil besar Mugen, Honda berhasil meraih puncak sukses di dunia motorsports.

Casio Edifice Mugen Edition

Jam tangan edisi khusus ini adalah kali pertama bagi Mugen bermitra dengan perusahaan jam tangan.

Berbasis dari jam tangan Casio Edifice berkode ECB40MU-1A, tampilan jam tangan dikemas dengan desain unik yang menggambarkan kesuksesan Mugen dan Honda di kancah motorsports. Mulai dari balap motor Isle of Man TT, Japan Grand Touring Championship (JGTC), Japan Super Taikyu hingga balap Formula 1.

Baca juga :  Dua SUV Mazda Siap Tampil di GIIAS 2024

Case jam tangan ini terbuat dari bahan serat karbon dan resin case. Material yang ringan namun kokoh tersebut juga digunakan pada jam tangan G-Shocks. Desain case terinspirasi dari suspensi mobil balap Formula 1 Honda.

Dari kaca kristal safir yang bening dan tahan gores, terlihat tampilan dial yang dikemas dengan nuansa khas Mugen.

Pada latar dial yang berwarna hitam dihiasi decal tiga garis berwarna putih, merah dan emas plus logo Mugen. Jarum jam warna putih berujung merah terinspirasi dari speedometer dan tachometer mobil balap. Pada bagian case back dihiasi grafir logo Mugen plus slogan “Mugen Power” yang khas.

Pada bagian bezel tersemat grafir tulisan penanda dengan huruf yang sama seperti pada tuas transmisi lansiran Mugen.

Tali jam tangan terbuat dari bahan kulit Alcantara yang lembut dengan imbuhan logo Mugen. Tali jam tangan dihiasi jahitan benang warna putih, merah dan emas. Warna khas dari Mugen.

Jam tangan analog quartz Casio Edifice ECB40MU-1A ini dilengkapi fungsi chronograph yang diaktifkan via tombol pada bagian sisi.

Untuk setting akurasi, cukup koneksikan jam tangan dengan ponsel pintar via Bluetooth. Setting akurasi, zona waktu world timer, dan alarm dapat dilakukan melalui aplikasi ponsel. Canggih bukan?

Meskipun berstatus limited edition, namun jam tangan ini tak dilengkapi nomor seri produksi terbatas. Untuk konsumen di Amerika Serikat, Casio Edifice Mugen Edition ini bisa diperoleh via situs resmi Mugen. Label harganya cukup terjangkau, hanya $300 atau sekitar Rp 4,5 jutaan.

Baca juga :  Gemar Nonton Film dan Karaoke? Seres 9 Cocok Untuk Anda

 

4.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x