Chevrolet Corvette Z06 GT3.R Siap Berlaga di Musim Balap Ketahanan 2024

30 January 2023 | 7:15 am | Rizky Dermawan

Mempersiapkan sebuah mobil balap memang tak bisa terburu-buru. Demikian pula dengan General Motors (GM) yang memperkenalkan mobil balap Chevrolet Corvette terbaru mereka, Z06 GT3.R.

Anda tak akan melihatnya berlaga di musim balap tahun ini. Debut perdananya baru akan dimulai pada kejuaraan balap ketahanan Rolex 24 H di sirkuit Daytona tahun depan.

Corvette Z06 GT3.R merupakan hasil kolaborasi antara divisi GM Motorsports dengan Pratt Miller Engineering. Perusahaan yang bermarkas di Michigan ini telah merancang mobil balap Corvette selama beberapa generasi.

Dengan ditiadakannya kategori GTLM (GT Le Mans), Corvette balap terbaru ini akan beralih ke kelas GT3 pada kategori GT Daytona (GTD) Pro pada seri pembuka kejuaraan balap 2024 IMSA WeatherTech Sports Car Championship di Daytona tahun depan.

Corvette Z06 Dengan Racikan Biasa Saja

Sasis yang digunakan berasal dari Z06 spek jalan raya yang diproduksi di Bowling Green, Kentucky.

Pihak pabrikan menyatakan bahwa lebih dari 70 persen komponen yang digunakan sama seperti Z06 spek jalan raya. Suspensi double-wishbone depan dan belakang pun sama seperti versi jalanan. Mesin LT6 5.5-liter V-8 yang digunakan juga berbasis dari Z06 standard. Kruk-as, kop silinder, setang piston, sistem injeksi, koil hingga gasket yang digunakan pun sama.

Output tenaga yang berada di kisaran 500-600 hp diteruskan ke roda via transmisi 6-speed sequential spek balap.

Baca juga :  All-New Suzuki Swift Generasi 4 Intip Pasar Inggris

Pratt Miller dan GM Motorsports meramu ulang sasis dan body sesuai spesifikasi dan regulasi balap. Sebelum dipasangi panel body berbahan serat karbon dan kevlar, konstruksi roll cage pipa baja tubular dilas ke sasis sebagai pelindung.

Sejumlah komponen spek balap dan perangkat keselamatan yang dipasang oleh Pratt Miller merujuk pada regulasi FIA.

Per dan damper suspensi, kaliper plus cakram dan kampas rem pada Z06 GT3.R menggunakan spek khusus balap. Sementara velg balap 18-inci di depan dan belakang mengadopsi mobil balap Corvette C8.R.

Perangkat Aerodinamika Baru Rancangan GM Design Studio

Perangkat aerodinamika baru yang digunakan pada mobil ini dirancang oleh GM Design Studio.  Gaya tekan gravitasi, stabilitas, hambatan udara dan pendinginan mesin serta rem diperhitungkan dengan matang.

Z06 GT3.R menggunakan air splitter depan berbahan serat karbon yang sama dengan Z06 standard. Namun pada bagian bawah dan belakang dibekali dengan sirip diffuser serat karbon spek khusus balap.

Dengan perangkat aerodinamika baru, Z06 GT3.R jauh lebih stabil di trek lurus maupun saat cornering dan manuver dibandingkan dengan Corvette C8.R.


Chevrolet Z06 GT3.R telah menjalani uji prototype selama dua tahun. Uji balap perdana versi produksi dilakukan pada September 2022 lalu. Sejumlah pengujian masih akan dilakukan sebelum mobil ini diserahkan kepada tim balap pengguna pada kwartal ketiga tahun ini.

Baca juga :  Mercedes-AMG CLE53 4Matic+ Debut Dengan Mesin 442 HP

Chevrolet akan memberi dukungan penuh kepada seluruh tim balap pengguna. Mulai dari pelatihan teknisi balap, suku cadang, startegi balap, hingga pasokan bahan bakar pada seluruh kejuaraan balap yang diikuti di kawasan Amerika Utara di musim balap tahun 2024 mendatang. Perihal program untuk kejuaraan balap di luar AS akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Corvette Z06 GT3.R menjadi gebrakan baru bagi program mobil balap Corvette Racing yang telah berjalan selama 25 tahun,” terang Mark Stielow, Director of GM Motorsports Engineering Competition.

Untuk musim balap 2024 program Corvette Racing rencananya akan menerjunkan empat unit Chevrolet Corvette Z06 GT3.R di sejumlah kategori dan kelas khususnya GTD dan GTD Pro pada seri kejuaraan balap 2024 IMSA WeatherTech SportsCar Championship tahun depan.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x