Daihatsu Menampilkan Ayla EV dan Rocky Hybrid di GIIAS 2022

11 August 2022 | 1:07 pm | Aldi Prihaditama

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan kendaraan elektirifikasi pada GIIAS 2022. Salah satunya adalah Rocky Hybrid. Selain unit mobil, terlihat unit motor elektris beserta baterainya.

Daihatsu Rocky Hybrid dibekali mesin baru berkode WA-VEX. Mesin WA-VEX Rocky tersebut menggunakan basis mesin WA-VE 1.200 cc 3-silinder yang ada di Daihatsu Rocky yang sudah dipasarkan sebelumnya. Sistem hybrid yang digunakan model rangkaian seri dan mesin bensinnya menganut sistem Atkinson Cycle yang diklaim memiliki efisiensi lebih baik ketimbang sistem Otto Cycle.

Uniknya, mesin tersebut hanya dimanfaatkan sebagai generator untuk mengisi daya baterai, yang selanjutntya akan memutar dinamo untuk menggerakkan roda kendaraan. Baterai yang digunakan berjenis Lithium-Ion dan memiliki bobot sekitar 20,8 kilogram. Sedangkan untuk penyimpanan baterai berada di bawah kursi penumpang belakang.

Baterai Rocky Hybrid sendiri memiliki kapasitas 4,3 Ah, yang terdiri dari 24 sel dan memiliki Steady-State Voltage 177,6 V. Baterai tersebut memiliki dimensi panjang 860 mm, lebar 369 mm, dan tinggi 185 mm.

Selain Rocky Hybrid, ADM juga memboyong Ayla EV sebagai jawaban dari tantangan dan kebutuhan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. ADM yang memiliki fasilitas riset dan pengembangan, tanpa ragu untuk menciptakan Ayla EV.

Meski sosoknya masih serupa dengan Ayla versi mesin bensin, namun menurut kami menganggap kalau Ayla EV ini punya tampilan eksterior lebih yahud dan sporty.

Baca juga :  Tidak Tanggung-tanggung, Ada 55 Brand Nongol di GIIAS 2024

Sayangnya, ADM belum membeberkan kapan akan mulai dipasarkan dan banderol harga dari Daihatsu Ayla EV tersebut. Anda tak sabar untuk memiliki mobil listrik kembaran LCGC andalan Daihatsu ini? Tenang saja, kami pun merasakan hal yang sama.

5 1 vote
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x