Daihatsu Midget X Jadi Konsep ‘Bemo’ Masa Depan

7 November 2025 | 6:40 pm | Rizky Dermawan

Pameran otomotif Japan Mobility Show (JMS) 2025 kini masih dihelat di Tokyo Big Sight, Jepang. Sederet mobil konsep unik dari Daihatsu Motor Corporation (DMC) pun turut memeriahkan event dwi tahunan yang dulu bernama Tokyo Motor Show.

Pada event JMS Kali ini Daihatsu mengusung tema ‘Daihatsumei’–gabungan Daihatsu dan kata ‘Hatsumei’ yang dalam bahasa Jepang memiliki makna ‘inovasi’ atau ‘penemuan’. Dai Hatsumei sendiri memiliki arti ‘inovasi besar’. Sangat sesuai dengan Daihatsu yang sudah berkiprah di kancah industri khususnya otomotif sejak tahun 1907. Inovasi dan teknologi yang dihasilkan Daihatsu sudah tak berbilang jumlahnya dan selalu muncul inovasi baru.

Tema yang dipilih selaras dengan sederet mobil konsep bervisi desain dan teknologi masa depan yang ditampilkan di booth Daihatsu. Salah satunya yakni mobil konsep mungil berlabel Midget X. Familiar dengan bentuknya?

Ringkas Nan Lincah

Midget pertamakali diciptakan oleh Daihatsu pada tahun 1957. Kendaraan bermotor roda tiga ini jadi penunjang mobilitas angkutan barang ringan menggantikan gerobak sado dan becak. Bodinya yang mungil dan ringkas membuatnya bisa selap selip dengan lincah di jalan sempit perkotaan. Harganya yang terjangkau dan perawatannya yang praktis serta mudah membuat Midget laris manis dan jadi kendaraan niaga yang populer di Jepang.

Di Indonesia, Midget masuk sejak tahun 1962 sebagai sarana transportasi pendukung event olahraga GANEFO dan Asian Games.

Baca juga :  Muscle MPV Daihatsu Xenia V8 Dapat Penyegaran

Daihatsu Midget MP4 yang di Jepang aslinya untuk angkutan muatan barang, di Indonesia dimodifikasi dengan tambahan bangku di bak belakang. Jadilah angkutan umum Bemo (Becak Motor). Yang awalnya wira wiri di Jakarta, Bemo pun merambah ke daerah lain seperti Bogor, Bandung, Padang, Solo, Surabaya hingga Denpasar. Bemo berhenti beroperasi mulai tahun 2017.

Generasi modern Midget muncul di Jepang tahun 1996, Midget II. Sayangnya, kendaraan niaga ringan bernuansa retro modern ini tak berumur panjang. Midget II harus pensiun dini pada tahun 2001.

Midget X Concept

Kemunculan konsep Midget X di JMS 2025 tentunya membangkitkan kembali nostalgia pada sosok Midget yang melegenda.

Gaya desain Midget X sangat kental dengan sosok original Midget yang “merongos” dan beroda tiga. Tampilan depan terutama area kabin memadukan ciri khas Midget yang gembung dengan gaya yang lebih modern dari Midget II. Bentuknya pun jadi mirip seperti helikopter. Bedanya dengan Midget original, Midget X Concept rodanya empat, bukan roda tiga seperti bemo.

Salah satu sisi unik dari Midget X yakni posisi pengemudi berada di tengah mirip Bajaj. Di sisi kiri dan kanan dilengkapi bangku untuk penumpang. Nah, jadi tak perlu repot saat mengemudikan Midget X di negara dengan posisi setir kiri maupun kanan. Visibilitas pengemudi pun jadi berimbang antara sisi kiri dan kanan.

Pada bagian buritan Midget X terdapat kotak kompartemen penyimpanan yang terpasang mirip “konde” ban serep. Ada juga yang bilang bentuknya mirip tas ransel. Harus diakui jika desain Midget X memang sangat unik dan menggemaskan. Bahkan tak sedikit yang bertanya,”Apakah ada versi lain dari Midget X?”. Terbayang bakal seperti apa jika Midget X tampilan dan gayanya bisa dimodifikasi…

Baca juga :  Ini Fitur Andalan Destinator Saat Musim Hujan

Midget X pun menggunakan motor listrik penggerak bertenaga baterai sesuai visi teknologi masa depan yang menjadi acuan Daihatsu. Hanya saja soek teknisnya belum diungkap.

Mungkin saat ini Midget X masih sebatas konsep desain, tapi bukan berarti tak ada kemungkinan untuk masuk jalur produksi. Setidaknya mobil konsep ini telah membangkitkan nostalgia pada Midget yang legendaris…

 

5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x