Detail Terbaru Soal Toyota Innova Hybrid Bocor

10 September 2022 | 2:00 pm | Indra Alfarisy

Toyota Innova hybrid makin dekat dengan peluncuran. Diperkirakan mengusung mesin yang sama dengan Voxy Hybrid. 

Anda pasti sudah dengar kalau Toyota Innova Hybrid akan segera diluncurkan. Perkiraannya antara Oktober-Desember tahun ini. Jadi sebentar lagi. Tidak heran makin banyak bocoran yang mampir ke redaksi Motomobi News belakangan ini. 

Namanya Toyota Innova Zenix. Yang menarik adalah, harganya paling murah Rp 415 jutaan untuk tipe G bensin dan Rp 450 jutaan untuk yang berpenggerak hybrid. Tipe menengah, V, kemungkinan dipasarkan antara Rp 470 juta hingga Rp 550 jutaan untuk yang bermesin hybird. Termahal adalah varian Q Hybrid dengan banderol Rp 600 jutaan. Bukan main.

Untuk perbandingan, Toyota Fortuner GR Sport, harganya Rp 586 juta (OTR DKI Jakarta). Jadi sekarang kalau mau dibilang kaya dan sukses, beli Innova Hybrid!

Kenapa Harus Mahal?

Tentu ada alasan kenapa harganya bisa setinggi itu. Ingat, Toyota Innova dengan kode 560B yang akan muncul nanti dibekali beragam teknologi dan hal baru. Mulai dari platform TNGA-C, yang juga digunakan oleh Corolla Cross, Voxy bahkan Corolla sedan. Jadi Anda bisa bayangkan nyamannya.

Selain itu, karena tidak lagi menggunakan ladder frame, bobot dasarnya bisa terpangkas hingga 170 kg. Panjangnya mencapai 4,7 meter. Tidak terlalu berbeda dengan sekarang. Wheelbase bertambah 100 mm menjadi 2.850 mm. Juga bertambah lebar sedikit.

Baca juga :  Yamaha Nmax 2024 Terjual 1.000 Unit Dalam 40 Menit!

Tampilannya pasti berubah total tapi masih mengotak. Beberapa foto yang kami dapat, menjelaskan kalau grille diposisikan tinggi di moncong yang tampak rata. Lampunya masih sipit tapi bagian pinggirnya tidak lagi membentuk garis lurus, ada sedikit lekukan. 

Kedua, mesinnya sekarang 2.0 liter bensin saja. Tidak ada versi diesel selain untuk konsumen fleet. Kami perkirakan ini serupa dengan yang dipakai oleh Toyota Voxy/Noah. Dan yang paling penting,  penggeraknya hybrid. Kalau benar serupa dengan Voxy, di Jepang MPV pintu geser itu menggunakan mesin 2ZR-FXE. Tapi kapasitasnya 1,8 liter. Hmm, membingungkan. Huruf ‘X’ menandakan ini mesin hybrid. 

Bagian interiornya, masih menurut bocoran yang kami dapat, ada beberapa fitur dari Alphard yang akan dimasukan. Tapi tidak dijelaskan apa saja. Yang pasti, kemungkinan besar akan ada fitur bantu berkendara macam ADAS. Kenyamanan dibantu oleh captain seat dan sistem multimedia yang mampu menjalankan Apple Carplay dan Android Auto secara nirkabel. Kami penasaran. Tapi hanya bisa menunggu. Jadi mari kita sama-sama bersabar. 

Indra Alfarisy

Sumber Foto

 

 

3.5 2 votes
Article Rating

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x